Belitung (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengunjungi pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) Bangka Belitung yang lolos dalam kurasi program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Bangka Belitung dengan mengenakan batik cual khas Kepulauan Babel.

"Untuk kita bisa memajukan produk lokal, kita harus mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari. Kita gunakan produk lokal dalam rutinitas kita," kata Jerry di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Jumat.

Jerry menyampaikan hal itu saat menghadiri acara puncak Gernas BBI Bangka Belitung 2022 yang digelar di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung.

Dalam sambutannya, Jerry mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan sebagai campaign manager dalam acara tersebut, berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan pihak terkait untuk mengangkat potensi unggulan produk UKM Babel.

"Dan saya ingin meyakinkan bahwa Gernas BBI ini, kita roadshow keliling daerah, setiap provinsi dalam rangka untuk melaksanakan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, yaitu untuk memastikan dan mengampanyekan produk lokal khususnya produk UMKM," ungkap Jerry.

Menurut Jerry, hal itu menjadi satu inisiatif dan terobosan agar bagaimana produk-produk UKM menjadi kompetitif, andalan, dan berjaya tidak hanya di level nasional tapi juga global.

Pada kesempatan tersebut, Jerry menyampaikan bahwa ia senantiasa mengenakan produk-produk lokal dalam kesehariannya.

Selain batikl, Wamendag juga mengenakan jam tangan dan sepatu asli dari Jawa Barat. Untuk itu, Wamendag mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk konsisten menggunakan produk lokal dalam keseharian.

"Keberpihakan produk lokal harus kita terapkan dalam kehidupan kita sendiri," kata Jerry.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022