Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan peringatan ke-114 Hari Kebangkitan Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak masyarakat Indonesia memaknai hari nasional ini sebagai semangat untuk bangkit dari pandemi.

"Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak kita maknai sebagai seremonial saja. 'Ayo Bangkit Bersama' yang menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional menjadi bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir," kata Johnny saat memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 di Kantor Kominfo, Jumat, dikutip dari siaran pers.

Semangat persatuan yang digagas Boedi Oetomo masih relevan dengan kondisi saat ini, terutama di tengah krisis kesehatan akibat COVID-19.

Baca juga: Kebangkitan nasional awal pemulihan ekonomi dan kesehatan Yogyakarta

"Di tengah krisis pandemi COVID-19, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa," kata Johnny.

Kasus COVID-19 secara nasional terkendali. Data pemerintah per 13 Mei, kasus baru harian berada di bawah angka 400. Sementara total kasus aktif sudah berada di bawah 5.000.

Program nasional vaksinasi COVID-19 sudah mencapai 79 persen untuk dosis kedua. Meski pandemi semakin terkendali, Johnny meminta masyarakat tetap waspada.

"Kita patut tetap waspada dan terus meningkatkan disiplin protokol kesehatan. Penanganan COVID-19 yang membaik berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal," kata Johnny.

Baca juga: Mendikbudristek maknai Hakteknas dengan semangat majukan Indonesia

Seiring dengan aktivitas masyarakat yang kembali normal, pemerintah terus mendorong pemulihan perekonomian nasional. Menteri Johnny menyatakan perekonomian Indonesia triwulan pertama 2022 mengalami pertumbuhan dibandingkan triwulan I 2021 sebesar 5,01 persen.

Dari sisi produksi terdapat tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tinggi, yaitu sektor usaha transportasi dan pergudangan tumbuh 15,79 persen; sektor informasi dan komunikasi 7,14 persen; dan sektor jasa-jasa lain tumbuh 8,29 persen.

Johnny mengajak masyarakat Indonesia terus bekerja sama dan bersinergi untuk meningkatkan perekonomian nasional.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Pemberdayaan perempuan wujudkan kebangkitan nasional

Baca juga: Prabowo ajak masyarakat menjaga semangat nasionalisme dalam Harkitnas

Baca juga: Anggota DPR: Harkitnas momentum bangkitkan ekonomi rakyat

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022