Brussel (ANTARA News) - Ke 17 negara zona euro setuju pada Senin untuk meminjamkan 150 miliar euro (195 miliar dolar AS) kepada Dana Moneter Internasional untuk digunakan dalam menstabilkan kawasan mata uang euro, sumber pemerintah zona euro mengatakan.

"Ada kesepakatan tentang jumlah 150 miliar euro untuk negara zona euro," kata sumber itu kepada AFP.

Sumber itu mengatakan, tujuannya masih untuk mencapai target yang ditetapkan 200 miliar euro oleh para pemimpin Uni Eropa pada pertemuan puncak 9 Desember, meskipun Inggris menolak untuk berkontribusi sekitar hingga 30 miliar euro berdasarkan kuota IMF.

Negara-negara Uni Eropa lainnya "adalah mengambil posisi mereka,"

sumber mengatakan, tapi mereka telah secara "implisit" sepakat untuk mencapai target yang dirancang untuk meningkatkan dukungan dana dari negara-negara G20 lainnya.

Sumber itu mengatakan, "Uni Eropa -- semua 27 negara yang mengambil bagian dalam konferensi jarak jauh selama tiga setengah jam pada Senin - akan mencapai 200 miliar (euro dan) ... maju menuju 200 miliar, itu jelas."

Selama konferensi jarak jauh, Menteri Keuangan Inggris George Osborne menuliskan kondisi yang jelas untuk setiap bantuan, seorang pejabat pemerintah London mengatakan, menambahkan bahwa Departemen Keuangan Inggris "tidak akan memberikan kontribusi apa-apa untuk negara-negara zona euro."

Sumber pemerintah Inggris menambahkan: "Juga kita tidak akan berpartisipasi dalam peningkatan sumber daya IMF yang hanya berasal dari negara-negara Uni Eropa tanpa partisipasi negara-negara G20 lainnya di luar Uni Eropa." (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011