Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Kamis sore hari berpeluang hujan ringan dan sedang.

Koordinator Unit Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang Halim Perdanakusumah, Rabu, menyebutkan, diprakirakan peluang hujan di Kabupaten Lebak pada sore hari relatif normal dengan intensitas ringan dan sedang.

Hujan tersebut diprakirakan berlangsung antara satu sampai dua jam di sejumlah daerah di Kabupaten Lebak.

Peluang hujan melanda Kecamatan Rangkasbitung, Bayah, Panggarangan, Malingping, Wanasalam, Cibadak, Warunggunung, Cileles, Cipanas, Sajira, Cimarga, Gunungkencana, dan Leuwidamar.

Tiupan angin berkisar antara tiga sampai 15 knot dan bergerak dari arah barat sampai barat laut.

Selama ini, kata dia, tiupan angin cukup kencang karena berkecepatan rata-rata 15 knot atau 30 kilometer per jam.

Namun, potensi angin puting beliung berkurang, karena sudah memasuki musim hujan.

"Diprakirakan puncaknya hujan Januari-Februari 2012 dan akan menimbulkan banjir karena curah hujan mencapai 50 milimeter," katanya.

Suhu pada siang hari berkisar 23 derajat hingga 31 derajat Celcius dengan suhu kelembaban antara 65 sampai dengan 97 persen.

Tinggi gelombang perairan Banten Selatan berkisar 0,8 hingga 2,0 meter dan tiupan angin rata-rata 15 knot.

Gelombang bergerak dari arah tenggara dan jarak pandang empat sampai dengan tujuh kilometer.

Tinggi gelombang di perairan Banten Utara yakni pesisir Ciwanda, Bojonegoro, Pulorida, Merak, dan Anyer berkisar 0,6 meter sampai dengan 1,4 meter.

"Selama ini cuaca di perairan Banten Selatan dan Banten Utara waspada bagi nelayan perahu kecil karena potensi angin 15 knot atau 30 kilometer per jam," katanya. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011