Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo menekankan bahwa sikap perwakilannya di tiap daerah dapat mencerminkan penanganan dan banyaknya kasus stunting di suatu wilayah.

“Kepala perwakilan menentukan sukses tidaknya capaian BKKBN, tugasnya tidak bisa diabaikan, rapor Kepala Perwakilan (Kaper) adalah wajah anda, itulah anda nantinya, siapa anda? Anda adalah rapor di wilayah anda,” kata Hasto dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Hasto menuturkan setiap perwakilan di daerah memiliki peran yang amat penting untuk menyukseskan target yang telah diraih oleh BKKBN selama ini.

Baca juga: BKKBN: Intervensi gizi keluarga dorong terwujudnya SDM berkualitas

Ditambah dengan lini lapangan yang banyak memiliki masalah kompleks dan luas, seperti rekrutmen petugas lapangan maupun masalah substansi menyampaikan materi kepada penyuluh agar bisa menyampaikan ke tim pendamping keluarga.

Menurut Hasto, ada sejumlah wilayah yang menantang dalam mempercepat penurunan stunting, seperti Kepulauan Riau dan Kalimantan Timur. Kepulauan Riau sudah berhasil menurunkan angka prevalensi stunting lewat upaya-upaya dan inovasi terbaik.

“Tugas baru menyukseskan penyerapan anggaran stunting menjadi sangat menantang di perwakilan, jangankan tugas baru, tugas lama dana BOKB juga butuh keseriusan, tidak bisa dipandang sebelah mata,” kata Hasto.

Dalam kesempatan itu, Hasto menyebut terdapat enam pejabat tinggi pratama di BKKBN yang baru dilantik, yakni Sunarto sebagai Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur, Rohina Kepala Perwakilan BKKBN Kepulauan Riau, I Made Yudhistira D sebagai Direktur Bina Penggerakan Lini Lapangan, Fajar Firdawati sebagai Direktur Bina Pelayanan KB Wilayah Khusus, Soetriningsih sebagai Kepala Biro Keuangan dan Pengelolaan BMN, dan Wahyuniati sebagai Inspektur Wilayah III.

Baca juga: BKKBN: Wujudkan lingkungan sehat untuk bentuk keluarga sejahtera

Baca juga: Legislator sayangkan kepala daerah yang masih abai terhadap stunting


Hasto berharap enam pejabat yang baru dilantik bisa bekerja semaksimal mungkin dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terutama pada setiap keluarga Indonesia.

“Pejabat Tinggi Pratama (PTP) yang baru dilantik mengemban tugas yang sangat strategis dan penting. Sekali lagi, saya ucapkan selamat dan kami akan melihat kinerja anda,” ujar dia.

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022