counter

Ribuan umat Kristiani penuhi gereja di Medan

Medan (ANTARA News) - Ribuan umat Kristiani memenuhi berbagai gereja di Kota Medan, Sabtu malam, untuk menjalani misa dan kebaktian dalam merayakan Natal 2011. Tema umum yang diangkat dalam peribadatan itu adalah kisah kehadiran dan perjuangan Yesus Kristus di tengah umat-Nya.

Di Gereja Santo Anthonius, di Jalan Bantam, Medan, umat Katolik menjalani misa sebanyak dua kali yakni pukul 18.00 WIB dan pukul 21.00 WIB. Homili (khotbah) misa diberikan Pastor Carolus Sembiring, yang memaparkan perjuangan Yesus Kristus untuk manusia.

Disebabkan umat Katolik yang menjalani misa itu begitu banyak, pengurus gereja itu harus menyiapkan tenda dan kursi di halaman rumah ibadah umat Katolik tersebut. Di dalam kompleks gereja dan sekitarnya, pengamanan dilakukan puluhan personel polisi dari Polsekta Medan Baru.

Hingga pukul 21.30 WIB, proses misa di gereja yang juga mendapatkan pengamanan dari sejumlah ormas tersebut masih berlangsung.

Hal serupa juga terjadi dalam kebaktian di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Jalan Uskup Agung. Umat Kristiani setempat mendengarkan khotbah dari Pendeta Sondang Hutahaean tentang solidaritas antarumat manusia.

Pendeta tersebut menjelaskan tentang kepribadian Yesus Kristus yang rela mengorbankan dirinya untuk keselamatan umat manusia. "Karena itu, umat Kristen di Kota Medan dianjurkan untuk mengutamakan konsep solidaritas tersebut dengan saling memberi perhatian terhadap orang lain," katanya.

Pengamanan serupa juga dilakukan puluhan personel polisi setempat yang pula mengawasi kawasan sekitar gedung gereja itu.  (I023)

Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Natal berlalu, gereja aman tanpa gangguan

Komentar