... Yang berbeda pada perayaan natal saat ini, banyak sekali pohon kastuba berwarna merah yang dilhami legenda seorang anak kecil miskin Meksiko...
Jakarta (ANTARA News) - Kisah seorang bocah miskin Meksiko yang tidak mampu ingin memberikan hadiah natal bagi Kristus dan hanya bisa memberikan pohon bernama kastuba menginspirasi pihak Gereja Katedral Jakarta untuk dijadikan ornamen berbeda untuk perayaan Natal 2011.

"Yang berbeda pada perayaan natal saat ini, banyak sekali pohon kastuba berwarna merah yang dilhami legenda seorang anak kecil miskin Meksiko," kata Taufik Kipot, Humas Paroki Gereja Katedral, Jakarta.

Ia mengutarakan, konon di Meksiko ada bocah yang ingin memberikan hadiah persembahan natal pada Yesus.

Tapi karena ia miskin ia tidak mampu dan karena dia ingat bahwa pemberian itu bisa berupa apa saja, kemudian ia memetik satu pohon bernama kastuba yang dengan ajaib berubah menjadi warna merah ketika ditaruh di dalam gereja.

Sementara untuk tema natal 2011 Gereja Katedral Jakarta bertajuk "Ekaristi berkat dalam keluarga". Tuhan mengundang kita bersama-sama menyantap berkat yang direpresentasikan melalui roti dan anggur dan membawa pesan keluarga bahwa kita harus mensyukuri nikmat tersebut.

Selain itu, pihak gereja Katedral juga mengutarakan bahwa untuk pengamanan sebagai antisipasi pihaknya juga mengadakan pengamanan internal yang terdiri sekitar 30 orang.

Taufik juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada berbagai pihak dan umat lainnya yang turut membantu pengamanan natal 2011. "Saya sangat berterima kasih sekali dimana perbedaan itu tidak membuat kita tidak saling sepakat dan rasanya sangat indah," katanya. (yudha)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011