... Hakekat perayaan Natal yakni berbagi kasih, suka cita dan kebahagiaan sehingga harus berjalan aman dan lancar serta penuh kedamaian...
Mataram (ANTARA News) - Perayaan Natal 25 Desember 2011 di Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, berlangsung aman dan lancar, yang diawali dengan ibadat Natal di berbagai gereja sejak pagi.

Kesukacitaan dan kesemarakan dalam merayakan kelahiran Sang Juru Selamat sudah terlihat di berbagai tempat di Kota Mataram, sejak Sabtu malam (24/12).

Lagu-lagu Natal mengiringi khusuknya perayaan Natal di gereja yang menyebar di 16 lokasi dalam wilayah Mataram.

Seribuan umat Kristiani baik tua maupun muda, laki-laki dan perempuan turut menyemarakkan perayaan Natal dalam suasana penuh kedamaian, yang mengandung makna keselarasan damai antara internal, damai sesama umat manusia dan damai di kalangan umat Kristiani yang tengah merasakan kebahagiaan.

Sebagai bentuk kebahagian beberapa jemaat memberikan hadiah kepada anak-anak berupa kado Natal, dengan harapan anak-anak tersebut bisa menerapkan hal yang sama demi kebahagian dunia.

Suasana aman dan damai terlihat jelas pada Ibadat Natal di Gereja Katolik Santa Maria Immaculata, ratusan umat Katolik memadati kursi dan tarub di gereja itu.

Suasana penuh kedamaian serta kekhusukkan dalam menjalankan ibadat Natal juga terlihat di Gereja Protestan Pantekosta Surabaya, di Jalan Seruni Mataram dan Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Immanuel, yang berlokasi di Jalan Bung Karno, Mataram.

Aparat keamanan dari Polres Mataram terlihat berjaga-jaga di sekitar gereja dan terlibat aktif mengatur kelancaran lalu lintas yang melewati ruas jalan di depan kompleks gereja.

Pengamanan prima itu sudah ditempuh semenjak ibadat malam Natal. Aparat kepolisian yang didukung satuan TNI melakukan pengamanan prima baik dengan pola terbuka maupun tertutup.

Ibadat Natal di gereja dalam wilayah Kota Mataram berlangsung di 16 lokasi masing-masing, enam lokasi di wilayah Mataram, empat lokasi di Ampenan dan enam lokasi lainnya di wilayah Cakranegara. Mataram, Ampenan dan Cakranegara merupakan tiga kawasan besar di Kota Mataram.

Kapolres Mataram, AKBP Kurnianto Purwoko, mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu kelancaran perayaan Natal itu sesuai bidang tugas kepolisian.

Pengamanan ketat ditempuh agar memberi kesempatan kepada umat Kristiani untuk melaksanakan ibadat Natal dengan penuh kedamaian.

Pihaknya tidak ingin mencuat masalah yang dapat mengganggu kedamaian umat Kristiani dalam merayakan Natal.

"Semua pihak telah diminta untuk menjaga kedamaian dan tetap mengutamakan toleransi antarumat beragama. Hakekat perayaan Natal yakni berbagi kasih, suka cita dan kebahagiaan sehingga harus berjalan aman dan lancar serta penuh kedamaian," ujarnya. (ANT)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011