dengan Si Tuan PSU, data akan tersimpan di server
Pontianak (ANTARA) - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Provinsi Kalbar menghadirkan dan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Permohonan Prasarana, Sarana, dan Utilitas Umum Permukiman (Si Tuan PSU) sebagai inovasi dan mempermudah masyarakat dalam pengajuan bantuan.

"Untuk mempercepat proses permohonan bantuan sarana dan prasarana dari masyarakat Si Tuan PSU kami hadirkan. Hadirnya Si Tuan PSU tersebut tidak terlepas kerjasama kami dengan Universitas Tanjungpura Pontianak," ujar Kepala Dinas Perkim Kalbar, Hendra Bachtiar di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya dalam pengajuan usulan atau proposal dari masyarakat, ada yang tidak jelas dan tidak lengkap, sehingga proposal itu harus dikirim kembali dan diperbaiki.

"Proses revisi ini yang memakan waktu lama. Perencanaan menjadi molor. Sehingga terjadi penumpukan di akhir tahun dan itu berdampak pada penyerapan anggaran yang lamban juga," kata dia.

Baca juga: Dinas Tanaman Pangan Kalbar dorong pemanfaatan aplikasi perbenihan
Baca juga: Kalbar kembangkan aplikasi asap digital pantau karhutla

Menurut Hendra menumpuknya proyek-proyek bantuan tersebut di akhir tahun, tidak efisien dan tidak efektif. Pasalnya, pada Desember musim hujan di wilayah Kalbar cukup ekstrem. Hal tersebut membuat pengerjaan proyek, terutama bangunan fisik bisa berlarut-larut.

"Maka dari itu kami bersama Universitas Tanjungpura Pontianak membuat sistem pengajuan yang lebih cepat, efisien, dan efektif. Caranya dengan membuat aplikasi mobile Si Tuan PSU yang dapat diakses melalui telpon pintar. Jadi lewat aplikasi ini, masyarakat tinggal mengisi formulir yang ada dan memasukkan data-data yang dibutuhkan. Bila ada yang perlu diperbaiki, maka dilakukan juga lewat aplikasi Si Tuan PSU," katanya.

Ia menambahkan bahwa aplikasi yang ada tersebut juga meminimalisir penggunaan kertas di lingkungan Dinas Perkim Kalbar.

“Dalam setahun ada banyak sekali proposal yang masuk sehingga menumpuk dan memenuhi ruangan. Namun dengan Si Tuan PSU, data akan tersimpan di server,” kata dia.

Baca juga: BKKBN apresiasi Kubu Raya dengan aplikasi Geoportal WebGis
Baca juga: Diknasbud Kalbar: Aplikasi Goodedu solusi belajar daring

Menurutnya, Si Tuan PSU sendiri sudah diujicobakan dalam beberapa bulan terakhir di Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kota Singkawang. Lantaran dirasa sudah cukup sempurna, aplikasi ini pun siap digunakan di seluruh kabupaten atau kota se-Kalbar.

"Dalam kegiatan peluncuran tersebut, semua kepala Dinas Perkim daerah tingkat II se-Kalbar pun melakukan penandatanganan kerja sama perihal penggunaan Si Tuan PSU," jelas dia.

Sementara itu, Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Alfian yang hadir dalam peluncuran menyambut baik penggunaan aplikasi Si Tuan PSU. Menurutnya dengan teknologi informasi ini tercipta tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel.

"Tentu perencanaan yang sesuai target akan mempercepat penyediaan dan pemanfaatan PSU permukiman di Kalbar. Sehingga hasil-hasil pembangunan dapat segera dirasakan oleh masyarakat,” jelasnya.

Baca juga: Diskominfo Kalbar siapkan aplikasi penangkal hoax

Pewarta: Dedi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022