Jakarta (ANTARA) - Seni dan makanan dipertemukan dalam kolaborasi terbaru seniman visual Muchlis Fachri alias Muklay yang membuat tiga ilustrasi karakter Dailybox Group, yakni Mr. Black Box, Flossy Floss dan Ms. Sheerato. Instalasi seni ini dibuka untuk umum di MoJA Museum Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 27 Mei hingga 10 Juni 2022.

“MoJA Museum dengan bangga mempersembahkan instalasi seni terbaru, yaitu ‘When Art Meets Food’. Salah satu misi kami adalah membuat masyarakat lebih aware dengan fenomena atau tren yang sedang marak lewat seni yang instagrammable. Lewat karya terbaru Muklay ini, kami ingin mengedukasi masyarakat tentang fenomena cloud kitchen yang sedang naik daun,” kata Aswin Lim dari MoJA Museum dalam keterangannya, Minggu.

Baca juga: Teleportasi ke masa lalu di museum Ramen Shin-Yokohama

Baca juga: Museum Makanan Menjijikkan di Swedia, ada durian di dalamnya


Muklay mengatakan, jenama Dailybox Group yang dekat dengan kesehariannya membuat komisi seni kali ini jadi salah satu komisi yang datang dari hati.

Dailybox Group adalah salah satu operator cloud kitchen terbanyak di Indonesia. Telah berada di 145 lokasi di Indonesia, start-up restoran online multi-brand ini mampu memproduksi 12.000 porsi makanan setiap harinya.

“Dailybox Group yang awalnya menjual rice box telah bertransformasi menjadi platform kolaborasi. Setelah berkolaborasi dengan chef, public figure dan UMKM, pada kolaborasi kali ini kami menggabungkan unsur kuliner dan seni. Muklay sudah banyak dikenal di dunia street art karena gaya ilustrasinya yang nyentrik dengan pilihan warna neon yang vibrant. Cocok sekali untuk membuat benda seperti rice box, roti dan sushi menjadi berkarakter dan hidup,” kata Rifqy Aditya Putra, Dailybox Group.

MoJA Museum juga menyediakan kanvas dengan stensilan ilustrasi Muklay yang dapat bebas dikreasikan oleh pengunjung museum di area MoPaint. Instalasi seni ini menggunakan Puffin Paint – brand cat lokal dengan varian produk terlengkap dan satu-satunya cat lokal yang memiliki produk cat anti serangga yang sudah bersertifikasi internasional.

“Pastinya instalasi karya Muklay dan canvas painting activity dapat menjadi ide aktivitas di akhir pekan. Selain itu, kami juga memberikan kesempatan pengunjung instalasi ‘When Art Meets Food’ untuk mencoba aktivitas baru yaitu 11-hole mini golf course bernama Golf by MoJA,” pungkas Aswin.

Baca juga: Mustika Ratu luncurkan "face palette" kolaborasi dengan Bubah Alfian

Baca juga: Pandemi bisa jadi inspirasi untuk buat karya fesyen dan seni

Baca juga: Sepatu kets raksasa karya Muklay hiasi Soundrenaline 2019

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022