Kami akan tindak tegas bagi pengemudi bak terbuka jika mereka membawa penumpang. Tindakan tegas itu dengan cara menilang kendaraan.
Lebak (ANTARA News) - Jajaran Kepolisian Lebak melarang pengunjung wisata yang akan merayakan malam tahun baru 2012 menggunakan kendaraan truk dan bak terbuka karena berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

"Kami akan tindak tegas bagi pengemudi bak terbuka jika mereka membawa penumpang. Tindakan tegas itu dengan cara menilang kendaraan," kata Kapolres Lebak Ajun Komisaris Besar Pol Yudi Hermawan, di Rangkasbitung, Sabtu.

Ia mengatakan, pelarangan penumpang pada kendaraan truk dan bak terbuka untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Apalagi semua daerah wisata di Kabupaten Lebak memiliki tikungan maut dan berkelok-kelok serta terjal.

Penumpang dalam kendaraan truk dan bak terbuka tentu sangat berisiko menimbulkan kematian karena tidak memiliki perlindungan.Naik di atas angkutan truk dan bak terbuka juga dari segi kenyamanan, sama sekali tidak ada, bahkan bisa menimbulkan korban jiwa.

Karena itu, kepolisian melarang masyarakat naik di atas truk dan bak terbuka untuk merayakan malam tahun baru.
Pelarangan tersebut merupakan salah satu upaya tindakan preventif guna mencegah jatuhnya korban jiwa.
Sebab pengalaman kendaraan bak terbuka banyak memakan korban jiwa, apabila mengalami kecelakaan.

Menurutnya, pihaknya selama ini belum melihat adanya masyarakat yang menggunakan angkutan truk dan bak terbuka mendatangi sejumlah obyek wisata.

Mereka biasanya naik di atas kendaraan truk dan bak terbuka jenis angkutan pickup maupun truk.

"Saya minta masyarakat pada perayaan malam tahun baru tidak menggunakan angkutan bak terbuka," katanya.

Berdasarkan pantauan Antaranews di sejumlah obyek wisata di Kabupaten Lebak hingga pukul 08.00 WIB tampak sepi dan belum didatangi wisatawan dari berbagai daerah.

"Kemungkinan pengunjung mendatangi obyek wisata sore hari dan dipastikan ribuan wisatawan memadati pesisir pantai Lebak," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Informasi, Pariwisata dan Komunikasi Kabupaten Lebak Jujum Ruyadi.

(KR-MSR/Y008)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2011