Islamabad (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Pakistan menyambut baik Inisiatif Keamanan Global (Global Security Initiative/GSI) yang diusulkan oleh kepemimpinan China, seraya mengatakan bahwa inti GSI berasal dari prinsip-prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

GSI berfokus pada gagasan "Piagam PBB, penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah negara, multilateralisme, penyelesaian sengketa secara damai, dan kesetaraan negara dalam hal kepentingan keamanan," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Asim Iftikhar Ahmad di Islamabad dalam konferensi pers mingguan pada Jumat (27/5).

GSI mengusung visi keamanan bersama, komprehensif, kooperatif, dan berkelanjutan, kata Ahmad, seraya menambahkan bahwa GSI menganjurkan pendekatan kooperatif dan didorong sinergi, menggantikan pola pikir perang dunia zero-sum yang memaksimalkan keamanan melalui kontestasi kekuatan dan perlombaan senjata.

Ini merupakan sebuah seruan untuk bertindak yang tepat waktu dalam menghadapi realitas global kontemporer di mana masyarakat internasional menghadapi ancaman tradisional dan nontradisional yang memerlukan pendekatan menyeluruh terhadap keamanan internasional dan regional, tuturnya.

Sang juru bicara menyebutkan bahwa GSI mengakui perlunya kemitraan internasional untuk mengatasi berbagai tantangan bersama terkait perubahan iklim, kesehatan masyarakat, air, energi, dan ketahanan pangan.

Diproduksi oleh Xinhua Global Service
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022