Kolaborasi ini ditujukan untuk mengedukasi mengedukasi UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi bisnis mereka, termasuk UMKM untuk nasabah PNM
Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bersama Chatat.id mengadakan webinar pelatihan manajemen keuangan menggunakan aplikasi Chatat.id untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) nasabah PNM.

"Kolaborasi ini ditujukan untuk mengedukasi mengedukasi UMKM di Indonesia dalam mendigitalisasi bisnis mereka, termasuk UMKM untuk nasabah PNM," kata Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha PNM Dicky Fajriansyah, dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin.

Webinar ini mencakup materi terkait pengelolaan keuangan serta bimbingan untuk menggunakan aplikasi Chatat.id sebagai aplikasi pendamping bisnis.

Webinar ini dihadiri oleh 3.076 partisipan yang merupakan nasabah PNM di seluruh Indonesia dan Chatat.id pun memberikan 1.500 akun gratis untuk nasabah PNM Mekaar dan ULaMM.

Dicky menambahkan PNM secara konsisten memberikan tiga modal, yakni modal finansial, intelektual, dan sosial pada nasabah.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, modal intelektual melalui pelatihan dan pendampingan, sedangkan modal sosial yang diberikan berupa memfasilitasi UMKM membangun jaringan usaha kolektif untuk mempercepat pertumbuhan usaha nasabah.

"Pelatihan manajemen keuangan ini adalah salah satu modal intelektual yang didedikasikan untuk nasabah PNM bersama Chatat.id," ujar Dicky.

Hingga 30 Mei 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp127 triliun kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 11,7 juta nasabah.

Saat ini PNM memiliki 3.386 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 provinsi, 443 kabupaten/kota, dan 5.640 kecamatan.

Baca juga: PNM raih penghargaan ICSB Presidential Award 2022

Baca juga: Lewat PNM, BPKH salurkan Rp885 miliar untuk berdayakan UMKM

Baca juga: Erick Thohir motivasi petugas PNM Mekaar tingkatkan kapabilitas


Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022