Kerusakan hutan harus dihentikan untuk masa depan bumi kita, untuk masa depan generasi muda
Samosir, Sumut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, mengapresiasi penanaman dan pemasangan solar panel di Bukit Holbung Desa Hariara Pohan Kecamatan Harian oleh PT Astra Internasional.

Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang di Pangururan (Ibu Kota Kabupaten Samosir), Selasa, mengatakan penanaman pohon di Kabupaten Samosir sangat dibutuhkan untuk mengurangi emisi karbon di atmosfer dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Untuk itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat di Hariara Pohan mendukung penanaman pohon oleh Astra, kemudian ikut serta menjaga dan memelihara.

Baca juga: Pemkab Samosir peroleh PAD Rp243 juta selama masa libur Lebaran

"Diharapkan program itu dapat berkelanjutan dan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat. Pemasangan solar panel memang sangat dibutuhkan di tempat wisata di Samosir," katanya.

Menurut dia, penanaman pohon merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap bumi. Hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus memenuhi kebutuhan pangan, ketersediaan air, sebagai sumber energi, sebagai sarana rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati.

"Kerusakan hutan harus dihentikan untuk masa depan bumi kita, untuk masa depan generasi muda, karena yang kita miliki ini tidak boleh dianggap sebagai warisan nenek moyang, melainkan sesuatu yang kita pinjam milik generasi yang akan datang," katanya.

Baca juga: Polres Samosir beri penghargaan 52 vaksinator

Dalam rangka ulang tahun ke-65, PT Astra Internasional memasang 6 panel solar di Desa Hariara Pohan (Bukit Holbung) dan penanaman pohon seluas 125 ha di Kabupaten Samosir.

PT Astra juga memilih dan menetapkan 3 desa wisata sebagai Desa Sejahtera Astra dengan melakukan pembangunan fasilitas dan pemberdayaan masyarakat.

Chief Of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah mengatakan sebanyak 139.700 pohon ditanam di Kabupaten Samosir. Pohon yang akan ditanam terdiri dari 17.820 tanaman kehutanan (pinus, cemara), 11.880 pohon buah (alpukat dan nangka), 11.000 pohon kopi.

Pemasangan panel surya dengan kapasitas 660 WP+2,4 KWH (baterai), berguna untuk penerangan pada malam hari dengan sistem pengisian daya pada siang hari.

"Ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan terhadap desa wisata yang menjadi binaan PT Astra, mari bergerak bersama membangun desa, melalui desa wisata," katanya.

Baca juga: BMKG catat periode Januari-11 Mei 2021 terjadi 142 gempa di Samosir

Pewarta: Juraidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022