tidak memiliki pendidikan yang lebih tinggi, tetapi presiden adalah fungsi dan bukan satu pekerjaan."
Dakar (ANTARA News) - Penyanyi  terkenal asal  Senegal Youssou Ndour, Senin malam, mengumumkan  ikut mencalonkan diri  dalam pemilihan umum negara itu pada 26 Februari.

"Saya  calon presiden," kata penyanyi paling terkenal di negara itu di stasiun televisi miliknya. Beberapa pekan sebelumnya kabar Youssou akan mencalonkan diri sudah beredar.

"Saya telah mendengar, saya mendengar dan saya menanggapinya dengan baik," kata Ndour, mengacu pada sejumlah permintaan agar dia terjun ke dunia politik.

Itu adalah tugas yang sangat patriotik, tambahnya tentang pemilihan itu.

Ia mengharapkan akan menggunakan kepopulerannya dan dapat mengalahkan  presiden  incumben Abdoulaye Wade yang berusia 85 tahun.Wade berusaha muntuk menduduki kembali jabatan itu untuk ketiga kali.

Ndour, 52 tahun, mengumumkan dalam satu konser akhir November dia akan ikut pemilu itu dan membentuk gerakan politiknya sendiri.

"Benar, saya tidak memiliki pendidikan yang lebih tinggi, tetapi presiden adalah fungsi dan bukan satu pekerjaan. Saya harus membuktikan kompetensi saya, komitmen, efisiensi waktu yang ketat," katanya.

Dipuji oleh surat kabar the New York Times sebagai "salah seorang dari para penyanyi terbesar dunia", Ndour memperoleh sukses internasional yang sangat besar dengan menggabungkan gaya musik rakyat Mbalax Senegal dengan Samba, hip-hop dan jazz.

Ia lahir Oktober 1959 di daerah pinggiran Dakar, Medina, dari satu keluarga sederhana dan adalah seorang tokoh di negaranya.

Di luar negeri dia berkolaborasi dengan Peter Gabriel, Sting, Wyclef Jean, Paul Simon, Bruce Springstee dan banyak nama terkenal.
(H-RN)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012