Secara keseluruhan situasi kamtibmas di Jayawijaya aman terkendali
Wamena (ANTARA) - Sejumlah personel TNI/Polri di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, siap mengawal lembaga masyarakat adat (LMA) yang berencana menggelar upacara Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2022 di Jayawijaya.

Kapolres Jayawijaya AKBP Muh Safei di Wamena, Selasa, mengatakan pengamanan tersebut untuk menyukseskan upacara yang rencananya dilangsungkan di Lapangan Pendidikan Jayawijaya.

"Kami, TNI/Polri dan pemda, sudah sampaikan akan memberikan pengamanan. Silakan beraktivitas seperti biasa, personel yang dilibatkan yakni dari Kodim dua SSK, Batalyon dua SSK, dan dari Polres Jayawijaya sendiri ditambah Brimob," katanya.

Safei mengatakan pengamanan itu akan dibantu anggota Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan organisasi radio amatir Orari. "Kami juga mengharapkan dukungan seluruh masyarakat untuk mewujudkan Jayawijaya yang aman," katanya.

"Besok, Insyaallah  kami akan memberikan pengamanan masyarakat tetapi ini semua kembali kepada masyarakat. Ada tokoh masyarakat dan agama yang punya andil dalam pengamanan itu sendiri," katanya.

Kapolres mengatakan walau 2 hari terakhir ini kelompok berseberangan melakukan protes atas rencana kegiatan LMA yang nantinya dirangkai dengan deklarasi daerah otonomi baru (DOB), situasi Jayawijaya aman.

"Secara keseluruhan situasi kamtibmas di Jayawijaya aman terkendali," katanya.

Upacara Hari Lahir Pancasila yang dirangkai dengan deklarasi DOB itu nantinya melibatkan perwakilan anggota LMA dari sembilan kabupaten dan LMA distrik-distrik di wilayah pegunungan tengah Papua.

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022