Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan dukungan para penyandang disabilitas intelektual di Tanah Air untuk membangun dan mengembangkan bakatnya sehingga mempunyai talenta khusus.

Dukungan yang diberikan lembaga kemanusiaan terbesar di Indonesia ini salah satunya mengadakan Pekan Special Olympics Nasional (Pesonas) 2022 yang diselenggarakan di Markas Pusat PMI Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Selasa, dengan melaksanakan Kirab Obor Olimpik Pesonas 2022 yang merupakan perjalanan obor di daerah ke-28 untuk memeriahkan pekan olahraga dan seni penyandang disabilitas intelektual atau insan bertalenta khusus nasional.

“Semangat yang digerakkan dalam perhelatan ini sejalan dengan prinsip PMI. Kami akan terus terlibat dan mendukung gerakan inklusivitas, kemandirian serta pemberdayaan seperti yang terkandung dalam Pesonas 2022,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PMI Pusat Sudirman Said melalui sambungan telepon, Selasa.

Baca juga: Menkes pasok vaksin hingga alat swab dukung Pesonas 2022

Menurut Sudirman, dalam mengamalkan tujuh prinsip kepalangmerahan, yakni kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan kesemestaan, Pesonas 2022 merupakan pekan olahraga dan seni yang memiliki misi untuk menggugah kesadaran inklusi masyarakat.

Sementara itu, Koordinator Kirab Obor Pesonas 2022 Daniel Hakiki menambahkan diskriminasi terhadap insan bertalenta khusus masih banyak terjadi di masyarakat sehingga melalui Kampanye Pesonas 2022 berharap warga dapat memahami dan mendayagunakan insan bertalenta ini.

“Melalui kirab ini, kita mengajak masyarakat membuka cara pandang baru terhadap teman-teman bertalenta khusus agar mereka mendapatkan ruang yang sama dengan lainnya, setara tidak ada diskriminasi apa pun,” tambahnya.

Baca juga: Pemerintah dukung Pesonas 2022 siap digelar Juli mendatang
Baca juga: PMI pusat bantu kebutuhan darah plasma untuk Banjarmasin


Ia mengajak keluarga insan bertalenta khusus agar dapat membaurkan mereka ke masyarakat. Keluarga harus percaya diri serta optimistis dalam memberdayakan insan bertalenta khusus tersebut. Selain itu, negara harus memberikan ruang yang sama tanpa diskriminasi agar tercipta dunia aman, nyaman, guyub, dan bahagia.

Pesonas ini digelar hingga 8 Juni 2022 yang diikuti sekitar 2 ribu atlet dari 34 provinsi. Mereka akan berlaga dalam 12 cabang olahraga (cabor), yakni atletik, bulu tangkis, tenis meja, sepak bola, renang, bola basket, boche, futsal, senam ritmik, bola tangan, bola voli, dan tari daerah.

Selain itu, Pesonas 2022 menggelar kegiatan nonolahraga seperti Kongres Nasional Keluarga dan Pemuda Special Olympic Indonesia (Soina), program kepemimpinan para atlet, jaringan dukungan keluarga, seni budaya, dan revolusi inklusi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022