Samarinda (ANTARA News) - Pembangunan Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Balikpapan akan didanai dari tiga sumber yakni APBN, dan APBD Pemprov Kaltim serta Pemkot Balikpapan.

"Selasa (3/1) kemarin saya bersama Gubernur Kaltim, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim dan sejumlah pejabat lainnya di Kaltim telah menghadap Kementerian Pendidikan, pihak kementerian sudah menyatakan dukungannya untuk merealisasikan ITK," tutur Ketua Dewan Pendidikan Kaltim, Bohari Yusuf di Samarinda, Rabu.

Bohari yang juga staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan ini melanjutkan, ITK itu segera dibangun pada 2012 ini, pihak kementerian melalui APBN sudah menyatakan siap menggelontorkan dana untuk pembangunannya, namun nilai persisnya masih belum diketahui.

Sedangkan Pemprov Kaltim bersama DPRD setempat telah sepakat menggulirkan dana senilai Rp1,5 miliar, dan Pemkot Balikpapan mempunyai andil dalam menyiapkan lahan seluas 200 hektare di sekitar kilometer 13 Balikpapan.

Pembangunan ITK direncanakan memiliki 8 jurusan. Jumlah ini melebihi syarat dari Kemendiknas yang minimal harus menyediakan 6 jurusan dalam pembentukan sebuah Perguruan Tinggi (PT).

Sebanyak delapan jurusan yang diusulkan itu adalah, Jurusan Teknik Elektro, Mesin, Industri, Sipil, Lingkungan serta Jurusan Migas. Sedangkan jurusan pendukung pendidikan teknik di ITK adalah Matematika, Fisika dan Kimia.

Dalam pembentukan jurusan berdasarkan pada 3 syarat, yakni kebutuhan masyarakat, jumlah peminat, dan syarat ketiga adalah minimal ada 6 dosen tetap yang mengajar di jurusan itu.

Menurutnya, pembentukan ITK menjadi bagian dari Program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di wilayah Kalimantan.

Keberadaan ITK di Balikpapan tersebut merupakan kesempatan bagi Kaltim untuk menciptakan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan daerah, sehingga kelak mampu mengelola sumber daya alam secara maksimal.

Dilihat dari potensi kewilayahan, maka letak ITK sangat refresentatif dan strategis, pasalnya lokasinya berada di kawasan industri Kariangau dan jalur jalan tol di Km 13 Balikpapan.

(KR-GFR/Y008)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012