Jakarta (ANTARA News) - Format baru Ultrabook dibangun berdasarkan keberhasilan Apple Macbook Air. Kekuatan Ultrabook sendiri berasal dari Windows.

Asus, Lenovo, Dell dan HP telah meluncurkan produk Ultrabook seperti Asus Zenbook.

Direktur Penelitian Consumer Electronics Association Shawn DuBravac mengatakan acara di London pada bulan lalu yang menampilkan "30 sampai 50" ultrabooks dapat dilihat kembali pada CES 2012 di Las Vegas pada pekan depan. Para pengamat percaya angka itu bisa lebih tinggi jika produsen komputer menambahkan ultrabook dalam line-up bisnis mereka.

Ketua Intel Paul Otellini akan mengumumkan generasi terbaru prosesor Intel yang disebut "Ivy Bridge" dalam acara tersebut. Sebuah silikon baru memungkinkan perangkat bekerja lebih cepat dan menggunakan makin sedikit daya dari para pendahulu mereka.

ISuppli IHS mengklaim ultrabooks merupakan 43 persen dari PC global pada 2015, naik dari 13 persen dari tahun tahun 2012. Intel memprediksi penjualan ultrabook naik 40 persen, sebagian besar didorong oleh penurunan harga di Amerika sebesar $ 850. Asus Zenbook dijual seharga £ 850.

Pengamat utama konsultan platform komputer di IHS Matthew Wilkins mengatakan kepada InformationWeek bahwa "PC notebook harus melakukan diet untuk mencocokkan daya tarik tablet media, belum lagi MacBook Air".

Ia mengatakan "Dengan berkembangnya media tablet karena perluasan platform netbook yang sebelumnya berkembang pesat, pembuat PC sekarang sangat sadar bahwa notebook harus berkembang untuk mempertahankan pertumbuhan pasar dan relevansi. " (adm)





Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2012