Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) dapat menjadi politeknik yang menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul bidang ketenagakerjaan dan pendaftaran untuk mahasiswa baru telah dibuka sampai 1 Juli 2022.

Dalam keterangan tertulis Kemnaker yang diterima di Jakarta, pada Jumat, Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan sebagai perguruan tinggi vokasi di bawah Kemnaker, Polteknaker dapat menjadi politeknik unggul menghasilkan SDM yang mampu menangani bidang ketenagakerjaan dalam persaingan global.

Dalam menghadapi persaingan global, tuturnya, berbagai misi dilakukan Polteknaker dengan menyelenggarakan pendidikan vokasi dan penelitian terapan di bidang ketenagakerjaan.

"Para lulusan Polteknaker diharapkan dapat menjadi SDM yang cerdas, terampil, dan mandiri untuk siap bekerja pada instansi pemerintah, swasta, bahkan berwirausaha," kata Anwar.

Baca juga: Sekjen: Polteknaker cetak calon tenaga kerja sesuai permintaan pasar

Baca juga: Polteknaker raih penghargaan internasional untuk komitmen K3


Polteknaker memiliki tiga program studi peminatan yaitu D-IV Relasi Industri dengan gelar Sarjana Terapan Relasi Industri (S.Tr.M), D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan gelar Sarjana Terapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S.Tr.K3) serta D-III Manajemen Sumber Daya Manusia dengan gelar Sarjana Terapan Manajemen Sumber Daya Manusia (A.Md.,MSDM).

"Ketiga program studi tersebut hadir sebagai solusi kebutuhan akan SDM yang kompeten dan profesional di bidang ketenagakerjaan," ujar Sekjen Kemnaker Anwar.

Polteknaker Kemnaker sendiri telah membuka pendaftaran penerimaan bagi mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2022/2023. Pendaftaran dibuka secara daring sejak 23 Mei hingga 1 Juli 2022 yang dapat diakses lewat situs pmb.polteknaker.ac.id.*

Baca juga: Menaker dorong Polteknaker perkuat kerja sama dengan industri

Baca juga: Kemnaker harap lulusan polteknaker langsung diterima bekerja

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022