Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan sebanyak 75 persen lulusan Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) yang diwisuda kali ini sudah terserap dunia kerja mulai dari pemerintahan hingga sektor swasta.
 
Polteknaker mewisuda sebanyak 192 lulusan yang terdiri atas 29 lulusan program Diploma III Manajemen Sumber Daya Manusia, 79 lulusan program Diploma IV Relasi Industri, dan 84 lulusan program Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sabtu.

Baca juga: Menaker: Polteknaker wujudkan sinergi pendidikan dan ketenagakerjaan
 
"Suatu prestasi dan hal yang membahagiakan bagi kami bahwa dari 192 lulusan yang diwisuda pada periode ini sebanyak 75,5 persen sudah terserap di industri," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.
 
Prosesi wisuda dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, para pejabat tinggi madya dan pejabat tinggi pratama di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan.
 
Anwar mengatakan setiap periode wisuda terdapat lulusan yang sudah mendapatkan pekerjaan pada masa akhir penyelesaian studi mereka.

Baca juga: Kemnaker: Polteknaker mampu hasilkan SDM unggul bidang ketenagakerjaan
 
Sedangkan yang lainnya saat ini sedang dalam proses, baik melanjutkan studi maupun dalam proses wawancara akhir dalam rangka menempati posisi pekerjaan.
 
Menurut dia, para wisudawan dan wisudawati secara legal diakui telah memiliki keahlian tertentu sesuai dengan gelar akademik yang tercantum di belakang namanya dan dalam masyarakat sudah dianggap menjadi seorang pemimpin.

Baca juga: Sekjen: Polteknaker cetak calon tenaga kerja sesuai permintaan pasar
 
"Kami berharap nama baru Anda ini benar-benar menggambarkan kompetensi dan memberikan manfaat bagi masyarakat," ucapnya di depan para wisudawan yang hadir di Gedung Balai Sudirman Jakarta.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023