Jakarta (ANTARA) - Akses fasilitas kesehatan merupakan salah satu hal penting yang kini tak bisa lepas dari kehidupan masyarakat di perkotaan.

Melihat kondisi ini, Rumah Sakit Jantung Jakarta menghadirkan perpanjangan tangannya ke tengah masyarakat di Ibu Kota dengan meluncurkan Poliklinik Griya Kardia di kawasan Timur Jakarta.

Klinik khusus menangani masalah jantung ini hadir berkaca dari data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 yang mengungkap setidaknya 15 dari 1000 orang di Indonesia menderita penyakit kardiovaskular.

Bentuk gangguannya juga bermacam-macam, mulai dari gangguan pada pembuluh koroner, katup jantung, hingga otot jantung.

Baca juga: Ketua Perki: Penting identifikasi dini pasien gagal jantung

Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh infeksi dan kelainan bawaan lahir seperti sekat yang bocor, katup tidak terbuka, sampai kelainan yang sangat kompleks.

“Klinik Griya Kardia ini juga dihadirkan dengan suasana yang memberikan rasa tenang, nyaman, dan aman pada saat berobat rawat jalan maupun saat melakukan Medical Check Up,” ungkap Direktur Utama Rumah Sakit Jantung Jakarta  Dr. dr. Jusuf Rachmat., Sp.B., Sp.BTKV(K)MARS dalam siaran persnya, Jumat.

Beberapa hal yang ditawarkan di Poliklinik Griya Kardia di antaranya mengedepankan kenyamanan hingga kecepatan layanan tanpa antrean.

PoliKlinik Griya Kardia juga menerapkan sistem one stop service mulai dari informasi dan pendaftaran, pemeriksaan klinis, pemeriksaan penunjang, hingga proses administrasi yang akan dilayani di satu tempat.

Baca juga: Mengenal aritmia, penyebab henti jantung

Didukung dengan peralatan medis dengan teknologi muktahir, pengobatan, sekaligus pelayanan dari tim medis dan non-medis yang berkualitas di bidangnya diharapkan masyarakat Jakarta semakin mudah mendapatkan akses ke faskes khusus penyakit jantung.

Adapun beberapa layanan yang hadir di klinik ini di antaranya electrocardiography, echocardiography, rehabilitasi medik, cardiac catherization, cardiac intervention, bedah jantung dewasa dan anak, CT scan, layanan ke rumah, serta pemeriksaan umum atau medical check up.

Anda bisa mengunjungi PoliKlinik Griya Kardia di Jalan Matraman Raya No. 23 Jakarta Timur terletak di lantai 8 dengan waktu layanan 12 jam mulai 08.00- 20.00 WIB.

Rumah Sakit Jantung Jakarta merupakan rumah sakit yang sudah berdiri sejak 2013 yang tidak hanya hadir dengan layanan spesialis jantung dan pembuluh darah tapi juga menyediakan spesialis Anak konsultan Jantung Anak, Spesialis Bedah Jantung, Rumah Sakit Jantung Jakarta menyediakan juga layanan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Spesialis Saraf, Spesialis Paru, Rehabilitasi Medik, Spesialis Gizi, dan lain-lain.

Baca juga: Modifikasi gaya hidup bebas tembakau dukung lingkungan berkelanjutan

Baca juga: Cegah risiko penyakit jantung di masa senja dengan gaya hidup sehat

Baca juga: Nutrisi kurang lengkap percepat proses penuaan pada lansia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022