Kami arahkan satu pintu untuk tanggal 4 Juni
Jakarta (ANTARA) - Dermaga Marina Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara masih tetap bisa digunakan para wisatawan dan penduduk untuk menyeberang dari Jakarta Utara ke Kepulauan Seribu saat Formula E pada Sabtu, 4 Juni 2022.

​​Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho di Jakarta, Jumat, mengatakan setiap wisatawan Kepulauan Seribu cukup menunjukkan bukti registrasi atau pembayaran tiket kapal keberangkatan masing-masing di pintu gerbang Marina Ancol.

"Jadi khusus wisatawan yang berlibur ke Pulau Seribu, kami arahkan masuk melalui pintu Marina Ancol," ujar Eko.

Sedangkan bagi warga Kepulauan Seribu juga sama, hanya menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli untuk bisa memasuki pintu Marina Ancol.

Baca juga: Jakarta E-Prix bukti komitmen tuan rumah menuju kota ramah lingkungan

"Kami arahkan satu pintu untuk tanggal 4 Juni, bagi warga maupun wisatawan, agar lebih mempermudah dan jaraknya pun lebih dekat ke pelabuhan," kata Eko.

Manajemen Taman Impian Jaya Ancol juga memberlakukan gelang penanda untuk membedakan pengunjung reguler Ancol dengan pemilik tiket Formula E Jakarta.

Penonton yang membeli tiket reguler Ancol seharga Rp25.000, diminta menunjukkan bukti pembelian tiket elektronik dari situs www.ancol.com kepada petugas agar bisa mendapat gelang kertas.

Pengunjung reguler yang memiliki gelang tiket reguler hanya dapat menjangkau area taman dan pantai Ancol.

Baca juga: Nyck De Vries main ke rumah Sean Gelael jelang balapan Jakarta E-Prix

Sedangkan pemilik tiket Formula E kategori Ancol Festival seharga Rp250 ribu (belum termasuk pajak 15 persen) bisa mengakses lokasi konser hingga sejumlah unit rekreasi di Taman Impian Jaya Ancol.

Pada kategori ini tidak disediakan parkir khusus, sehingga disarankan menggunakan transportasi umum untuk menuju kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Manajemen Ancol juga mengatur pintu gerbang bagi wisatawan reguler, pemilik tiket Formula E kategori Ancol Festival dan kategori penonton Formula E lainnya.

Bagi wisatawan reguler dan penonton Formula E kategori Ancol Festival, ada empat pintu gerbang yang bisa dimasuki pada Sabtu.

Baca juga: Presiden Jokowi bakal saksikan balapan Formula E secara langsung

Empat pintu itu yakni ​​​gerbang barat,  gerbang Marina, gerbang selatan dan gerbang TransJakarta atau pintu jalur bus (bus way) untuk pejalan kaki.

Sementara pintu masuk gerbang timur khusus untuk penonton Formula E kategori lainnya yang dijemput secara gratis menggunakan bus pengumpan (shuttle bus) dari area Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Nantinya, seluruh parkir kendaraan akan dipusatkan di area JI-Expo Kemayoran.

Sedangkan penonton Formula E dengan tiket kelas VVIP Royal Suite bisa turun di depan pintu masuk sirkuit.

Baca juga: Sejumlah pebalap Formula E antisipasi cuaca panas Jakarta

Pemegang tiket VVIP Royal Suite mendapatkan stiker khusus saat masuk ke lokasi dari Pintu Karnaval Ancol menggunakan kendaraan pribadi.

Namun, setelah menurunkan penumpang (drop off) di area sirkuit, kendaraan harus diparkir di area Jakarta International Stadium (JIS).

Hanya rombongan Presiden Joko Widodo yang diperkenankan parkir di area sirkuit Ancol.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022