Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura kembali mendapatkan penambahan personel perwira remaja sebanyak 75 orang.

"Para perwira remaja ini akan ditempatkan di satuan-satuan Jajaran Kodam XII/Tanjungpura," kata Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Robby Win Kadir di Sungai Raya, Minggu.

Dia mengatakan, dalam pelaksanaan tugasnya di satuan nanti, para perwira muda tersebut diharapkan dapat merealisasikan apa yang didapatkan dari pendidikan yang dipadukan dengan realitas dan kondisi di satuan masing-masing.

Selama ini, menurut Robby, para perwira hanya dibekali dengan berbagai materi yang bersifat teori dan praktek yang sifatnya sangat terbatas.

"Untuk itu, para perwira itu harus dapat menuangkan semua kemampuan yang kalian miliki secara maksimal dalam pelaksanaan tugas di satuan. Sebagai perwira yang telah dibekali berbagai pengetahuan dan wawasan yang luas harus mampu menjadi suri tauladan, tanggap, peka dan peduli terhadap kondisi dan permasalahan anak buahnya dengan membangun komunikasi dua arah antara pemimpin dan yang dipimpin, sehingga tercipta hubungan harmonis yang dilandasi keterbukaan dan kejujuran," tuturnya.

Selain itu, para perwira juga harus mempunyai sikap yang tanggap, tangguh dan trengginas serta memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi sebagai prajurit TNI Angkatan Darat.

Ia meminta untuk menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan delapan wajib TNI agar keberadaan mereka sebagai perwira mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan satuan.

"Para perwira baru tersebut juga mesti bisa menanamkan kebanggaan sebagai prajurit TNI Angkatan Darat yang disertai dengan berbagai kemampuan dan keterampilan seorang prajurit yang memiliki kelebihan dari masyarakat biasa, baik kelebihan di bidang pengetahuan, fisik, mental maupun akhlak dan moral, dengan demikian, dimanapun kalian berada harus menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat," katanya. (T011/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012