Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menyatakan kesiapannya untuk berlaga di ajang mahasiswa berprestasi tingkat nasional untuk menjadi yang terbaik di Indonesia.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangannya, Minggu, mengatakan pihaknya memacu para mahasiswa UI untuk berprestasi lebih banyak dan lebih tinggi lagi di level nasional maupun internasional.

"Salah satu tugas utama universitas adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani luhur yang mampu menerapkan, mengembangkan, memperkaya, dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan kebudayaan," katanya.

Baca juga: Mahasiswa vokasi UI raih juara 2 kompetisi pariwisata Indonesia

Rektor mengatakan melalui kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler di kampus, mahasiswa tidak hanya dibekali pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga unsur "hard skill" dan "soft skill" yang menyempurnakan kinerja lulusan di kehidupan masyarakat karena sinergi antara keduanya sangat diperlukan.

Ia mengatakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

Baca juga: UI loloskan 195 mahasiswa lanjutkan beasiswa IISMA ke luar negeri

Menurut dia, indeks kerja universitas yang ditetapkan Kemendikbudristek mengukur keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran di luar program studi dalam bentuk capaian prestasi dan keikutsertaan dalam MBKM.

Sebelumnya UI menetapkan Dhifan Kemal Akbar dari Fakultas Teknik sebagai Mahasiswa Berprestasi Utama UI 2022 Program Sarjana.

Baca juga: UI terapkan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi

Kegiatan yang diadakan Direktorat Kemahasiswaan (Dirmawa) UI ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok mahasiswa yang berprestasi mengharumkan nama UI dan Indonesia dalam berbagai bidang akademik, kompetensi penalaran, seni dan olahraga, serta pengabdian masyarakat sepanjang tahun 2021.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022