Peningkatan kualitas SDM merupakan kunci utama dalam menghadapi era disrupsi
Jakarta (ANTARA) - Ketua Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis (IKA FEB) Universitas Trisakti Pahlevi Pangerang mengatakan pemanfaatan teknologi dan digitalisasi telah menuntut pelaku ekonomi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Peningkatan kualitas SDM merupakan kunci utama dalam menghadapi era disrupsi," katanya dalam pernyataan di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, peningkatan kualitas SDM tersebut sangat penting, apabila Indonesia bertekad untuk menjadi salah satu raksasa dalam bidang ekonomi, mengingat pemanfaatan teknologi menjadi keniscayaan kedepannya.

"Kualitas pendidikan harus ditingkatkan, sehingga kualitas SDM pun semakin meningkat. Semakin banyak nantinya orang yang melek teknologi, melek digitalisasi ekonomi," katanya.

Ia juga mengatakan disrupsi yang terjadi seperti pandemi COVID-19 juga melahirkan berbagai peluang usaha baru dan membuat pengusaha harus melakukan penyesuaian agar tetap bertahan.

"Inovasi dan perubahan secara fundamental di dunia bisnis ini merupakan upaya dari pengusaha untuk menyesuaikan perkembangan kondisi pandemi. Bagi pengusaha yang mampu menyesuaikan, dia akan survive dan bahkan tumbuh. Sedangkan, yang tidak bisa menyesuaikan akan gulung tikar," katanya.

Dalam kesempatan ini, IKA FEB Universitas Trisakti juga melakukan pelantikan pengurus baru masa bakti 2022-2026 untuk memperkuat persaudaraan antar alumni.

Pahlevi mengatakan pengukuhan pengurus IKA FEB ini dapat digunakan untuk menyatukan langkah, gerak dan kekuatan para alumni dalam mencapai berbagai keberhasilan.

"Tidak ada keberhasilan tanpa adanya kebersamaan. Saat ini bukanlah zamannya jalan sendiri-sendiri, bekerja sendiri-sendiri. Saat ini adalah zamannya kolaborasi. Oleh karenanya, kita harus solid dan kompak," katanya.

Ia juga menyakini nantinya para alumni bisa memberikan sumbangsih besar kepada perekonomian nasional karena para lulusan FEB mempunyai jejaring maupun kompetensi yang memadai.

"Kami memiliki SDM berkualitas. Saat ini kami sedang membangun jejaring yang kuat dan terintegrasi. Jika kedua elemen ini digabungkan, kualitas dan jejaring kuat, kami yakin akan banyak bermunculan tokoh-tokoh nasional maupun global berlatar belakang sebagai alumni Universitas Trisakti," katanya.

Baca juga: Komputasi performa tinggi dinilai perlu topang digitalisasi perbankan
Baca juga: Menko Airlangga: Inovasi digital buat ekonomi tumbuh lebih tangguh
Baca juga: OJK: Asuransi telah inovatif percepat digitalisasi dan ekonomi hijau

Pewarta: Satyagraha
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022