Kegiatan tersebut menjadi ajang untuk mendorong kebangkitan UMKM, sekaligus sebagai wadah memperkenalkan berbagai produk kerajinan dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan
Makassar (ANTARA) - Pameran produk kerajinan yang dikemas dalam "Sulsel Craft Show 2022" menjadi pendorong kebangkitan UMKM pada masa adaptasi normal baru.

"Kegiatan tersebut menjadi ajang untuk mendorong kebangkitan UMKM, sekaligus sebagai wadah memperkenalkan berbagai produk kerajinan dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan," kata Ketua Umum Harian Dekranasda Sulsel, Ahmadi Akil di Makassar, Senin.

Menurut dia, kegiatan yang berlangsung hingga Rabu (8/6), dirangkaikan dengan Musyawarah Daerah Dekranasda Sulsel.

Dia mengatakan, kegiatan yang menampilkan produk unggulan Sulsel ini, sebenarnya secara rutin dilaksanakan per tahun, namun karena pandemi COVID-19, maka baru tahun ini terlaksana.

"Akibat pandemi sehingga dua tahun terakhir tidak terlaksana, karena anggarannya terdampak recofusing. Alhamdulillah tahun ini kembali digelar dan diharapkan UMkM/IKM kembali bangkit," ujarnya.

Dia mengatakan, kegiatan yang mengusung tema mengusung tema “Membangun IKM Pascapandemi COVID-19” ini, diharapkan agar pelaku UMKM di Sulsel dapat bangkit kembali dan dapat membuat produk buatan dalam negeri dengan kualitas produk kerajinan yang bagus.

"Dengan kualitas bagus, produk bisa membuka peluang pasar bukan hanya di tingkat lokal tetapi bisa membuka peluang sampai ke nasional dan juga pasar internasional.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perdagangan Sulsel H Ashari Fakhsirie Radjamilo.

Menurut dia, pameran produk khas dan unggulan Sulsel ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membuka jaringan pasar.

Baca juga: Kadis UMKM: Pelaku usaha di daerah bangkit di era digitalisasi

Baca juga: Menko Perekonomian apresiasi peningkatan UMKM Sulsel semasa pandemi

Baca juga: Gubernur: Kestabilan ekonomi Sulsel berkat dukungan UMKM

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022