Jakarta (ANTARA) -
 
FLAVS Festival 2022 akan menghadirkan perpaduan musik hip hop dan musik tradisi lewat tema "Bhinneka Tunggal Hip Hop", di samping tema "Revival" yang menggarisbawahi semangat kebangkitan festival pascapandemi COVID-19.
 
Program Director FLAVS Festival Yacko mengatakan, pendekatan hip hop dan musik tradisi Indonesia akan direpresentasikan melalui penampilan dari OrangHutan Squad (Aceh), Wasaka (Kalimantan Selatan), NDXAKA (Jogjakarta), Negatif Satu (Manado), Ghetto Side (Alifuru Hip Hop, Sangsaka, Tickang Palungku) (Ambon), MukaRakat (Melanesia), Januarta The Goat (Kupang), Block8 (Sorong), dan penampil lain yang akan diumumkan selanjutnya.

Baca juga: FLAVS Festival 2022 umumkan daftar penampil fase pertama
 
"Banyak sekali talenta hip hop itu dari seluruh penjuru Indonesia dan mereka muncul dengan kearifan lokal, menggunakan elemen alat musik tradisionalnya dan bunyi-bunyian yang berasal dari daerah mereka," kata Yacko saat konferensi pers di Jakarta, Selasa.
 
"Jadi, saat temen-temen datang, kalian akan melihat berbagai macam local heroes dengan gayanya masing-masing. Enggak zamannya lagi hip hop itu harus ini itu, di Indonesia itu Bhinneka Tunggal Hip Hop," lanjut dia.
 
Sementara itu, M. Riza selaku Festival Director FLAVS mengatakan, FLAVS Festival 2022 akan menjadi tempat di mana hip hop dapat dinikmati tidak hanya sekadar musiknya tapi juga budayanya secara keseluruhan.

Baca juga: FLAVS 2021 sukses suguhkan bintang baru Hip Hop,Soul,dan R&B Tanah Air
 
"Kita akan menikmati banyak elemen-elemen di dalam budaya ini yang akan terepresentasikan di sini. Mulai dari fashion, street sport, arts, dance, DJ, dan musiknya itu sendiri dari para penampil artis" ujar Riza.
 
"Jadi, selain FLAVS sebagai rumah dari hip hop, R&B, dan soul, tapi harapannya teman-teman yang tadinya sama sekali tidak menoleh ke hip hop, soul, dan R&B, jadi ingin tahu lebih banyak. Karena di dalamnya, kiblatnya tidak hanya USA hip hop, tapi kita juga punya kearifan-kearifan lokal di FLAVS," kata Yacko, menambahkan.
 
FLAVS Festival 2022 akan digelar pada 10-11 September 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Festival juga dapat disaksikan secara virtual.
 
FLAVS Festival 2022 juga akan dimeriahkan oleh Tuan Tigabelas & REP, Afgan, Basboi, Blakumuh, Insthinc, Iwa K, Joe Million, Juicy Lucy, Raisa, Ramengvrl, Rizky Febian, Saykoji, T-Five, Teza Sumendra, The Couch Club, Tiara Andini, dan Yura Yunita, serta musisi lainnya yang akan diumumkan di fase berikutnya pada Juli dan Agustus mendatang.


Baca juga: FLAVS Festival 2021 akhir Oktober hadirkan banyak musisi dan talenta

Baca juga: "Gemah Ripah Loh Symphony" akulturasikan hip hop dengan orkestra

Baca juga: FLAVS 2021 jadi wadah tumbuh musik hip hop, Soul, dan R&B anak bangsa

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022