83 jch berasal dari sembilan kecamatan di Kabupaten Solok dengan usia termuda 21 tahun dan usia tertua 64 tahun.
Solok (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Solok, Sumatera Barat melepas 83 jamaah calon haji terdiri atas 51 orang perempuan dan 30 orang laki-laki serta bertambah dua orang lagi yang awalnya sebagai peserta cadangan.

"Awalnya hanya 81 orang yang akan berangkat ke tanah suci, namun ternyata ada dua orang di daerah lain yang gagal pergi karena beberapa alasan. Sehingga dua orang peserta yang awalnya sebagai cadangan, alhamdulillah bisa ikut jadi total jamaah 83 orang," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok Zulkifli di Koto Baru, Selasa.

Ia menyebutkan 83 jch tersebut berasal dari sembilan kecamatan di Kabupaten Solok dengan usia termuda 21 tahun dan usia tertua 64 tahun.

Lebih lanjut, ia menyebutkan sembilan kecamatan tersebut diantaranya dari Kecamatan Bukit Sundi lima orang, Gunung Talang 12 orang, Kecamatan Hiliran Gumanti lima orang, Junjung Sirih tiga orang, Kubung 30 orang, Lembah Gumanti 12 orang, Pantai Cermin Thia orang, 10 Koto Diatas empat orang, dan 10 Koto Singkarak sembilan.

"Alhamdulillah seluruh jamaah calon haji sudah melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan termasuk juga peserta cadangan dan mereka sudah berangkat ke Padang kemarin dilepas langsung oleh Bupati Solok dan hari ini berangkat ke Madinah," kata dia.

Selain itu, ia juga menyebutkan ada tiga prinsip bagi panitia haji di Kabupaten Solok untuk persiapan keberangkatan haji diantaranya sukses persiapan, administrasi, paspor, vaksinasi dan segala persyaratan keberangkatan haji.

"Alhamdulillah persyaratan yang berhubungan dengan jamaah sudah lancar. Sehingga keberangkatan tidak ada kendala," ujar dia.

Selain itu, untuk keberangkatan jamaah calon haji, Kemenag Kabupaten Solok bekerja sama dengan Pemda, pihak kepolisian, dan kesehatan.

"Semoga tidak ada halangan rintangan," ujarnya.

Ia juga mengatakan sebelum keberangkatan para jamaah calon haji asal Kabupaten Solok telah dibekali tentang ilmu manasik haji, yakni dua kali di tingkat Kabupaten Solok dan empat kali tingkat kecamatan masing-masing.

"Untuk kegiatan itu dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Sumbar dan narasumbernya Kabid PHU Kemenag Sumbar," ucap dia.

Selain itu, acara manasik di Kabupaten Solok juga didatangkan narasumber yang berkompeten di bidangnya yang telah bersertifikat.

Ia berharap para jamaah calon haji nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik secara teori maupun praktek di tanah suci sesuai dengan ilmu manasik haji sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Kita juga mengingatkan jamaah agar selalu menjaga kesehatan sehingga saat kembali ke tanah air nanti pulang dengan selamat," kata dia.
Baca juga: Calon haji Kloter I Padang tiba di Asrama Haji Tabing
Baca juga: Pemprov Sumbar beri hadiah kafilah STQ berangkat haji dan ruko
Baca juga: Sisihkan penghasilan, Samsunur penarik becak asal Solok naik haji

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022