biasanya kendaraan pengangkut hewan kurban dari daerah tiba di Jakarta melalui Jalan Raya Kalimalang
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur mendirikan posko pengawasan lalu lintas hewan ternak di Jalan Inspeksi Kalimalang, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Plt. Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur, Ali Nurdin mengatakan setiap hari akan dikerahkan petugas gabungan untuk memeriksa hewan ternak yang masuk ke Jakarta untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Pengawasan ini untuk mencegah masuknya hewan kurban ke Jakarta yang tidak dilengkapi surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dari daerah asal. Ini untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jakarta," kata Ali Nurdin di Jakarta, Rabu.

Ali menambahkan petugas yang dikerahkan di posko pengawasan itu terdiri dari dua dokter hewan dari Sudin KPKP Jakarta Timur dibantu petugas dari Sudin Perhubungan Jakarta Timur.

Selain itu, ada juga personel Satpol PP dan Polres Metro Jakarta Timur. Ali mengatakan ke depan rencananya juga akan ditambah titik posko pengawasan lalu lintas hewan ternak di wilayah Jakarta Timur.

Sementara itu, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Sudin Perhubungan Jakarta Timur, Riki Erwinda menambahkan akan membantu dengan menempatkan enam personel yang dibagi dalam dua shift, yakni shift pertama mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB dan shift kedua pukul 21.00 WIB -06.00 WIB.

"Pada jam-jam tersebut biasanya kendaraan pengangkut hewan kurban dari daerah tiba di Jakarta melalui Jalan Raya Kalimalang. Yakni pergerakannya selama ini adanya di pagi dan malam menjelang subuh atau dini hari," kata Riki.
Baca juga: DKI optimalkan periksa kesehatan ternak kiriman selama 14 hari
Baca juga: Ini tips dari Pemkot Jakbar untuk mengenali hewan terjangkit PMK
Baca juga: Jakarta Barat periksa 1.700 hewan ternak antisipasi PMK

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022