Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) membuka penerimaan calon pegawai untuk memberi kesempatan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) bekerja dan mengembangkan karir di bank sentral.

Informasi yang dihimpun dari situs resmi BI di Jakarta, Jumat, menyebutkan penerimaan calon pegawai dibuka melalui jalur Pendidikan Calon Pegawai Muda (PCPM) dan Multi Level Entry (MLE).

Penerimaan calon pegawai melalui jalur PCPM dibuka 9 hingga 13 Januari 2012 sementara melalui jalur MLE dibuka 9 hingga 15 Januari 2012.

Persyaratan jenjang pendidikan untuk jalur PCPM minimal S1 sementara untuk jalur MLE S1 atau S2. Calon pegawai melalui jalur MLE harus memiliki pengalaman di bidangnya minimal tiga tahun kecuali untuk Jabatan Pengelola Devisa.

Persyaratan umum pelamar antara lain WNI, IPK minimal 3,0 (skala 4,0), memiliki kemampuan berbahasa Inggris, tidak memiliki saudara kandung/suami/istri yang bekerja sebagai pegawai atau calon pegawai BI.

Penyampaian lamaran hanya dapat dilakukan secara on-line sesuai dengan periode registrasi yang telah ditetapkan. Tidak ada jalur lain yang digunakan dalam proses pengiriman lamaran.

Pelamar wajib memiliki alamat e-mail yang sudah aktif untuk dapat mengikuti proses rekrutmen ini. Penyelenggara tidak melayani perbaikan/revisi alamat e-mail yang salah input oleh pelamar.

Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang benar. Apabila lolos seleksi administrasi, pelamar akan dipanggil untuk mengikuti verifikasi dokumen (bersamaan dengan seleksi Tahap I).

Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya kembali secara on-line, Pelamar akan mendapat konfirmasi registrasi melalui e-mail. Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan selama proses seleksi.

Pelamar hanya dapat melamar pada satu jabatan. Pengisian data lamaran kedua akan ditolak oleh sistem secara otomatis.

Tes akan dilakukan di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Palembang, Padang, dan Medan. Khusus untuk jalur MLE, lokasi tes seluruhnya dilakukan di Jakarta.

Pengumuman registrasi online akan dilakukan pada 27-30 Januari 2012. Pelaksanaan tes setelah registrasi online akan dilakukan dalam tujuh tahap. Tahap I berupa verifikasi kelengkapan dokumen, tes kemampuan umum, tes pengetahuan umum, dan tes pengetahuan khusus untuk jalur PCPM pada 3-4 Februari 2012 (luar Jakarta) dan 11-12 Februari 2012 (untuk Jakarta), jalur MLE juga pada 11-12 Februari 2012. Pengumuman hasil tes tahap I pada 18 Februari 2012.

Tes tahap II berupa tes Bahasa Inggris dan tes psikologis tertulis pada 25-26 Februari 2012. Pengumuman hasil test pada 7 Maret 2012. Tes tahap II untuk jalur MLE digabung pada tahap I demikian juga dengan pengumuman hasilnya.

Tes tahap III meliputi verifikasi keaslian dokumen, wawancara individual, dan diskusi kelompok pada 12-21 Maret 2012. Pengumuman dilakukan pada 30 Maret 2012. Sementara untuk jalur MLE tes pada 24-26 Februari 2012 dan pengumuman tanggal 7 Maret 2012.

Tes tahap IV berupa tes TOEFL pada 7 April 2012 (pengumuman 18 April 2012), sementara untuk jalur MLE tes pada 10 Februari 2012 dan pengumuman hasil 30 Maret 2012.

Tes tahap V berupa tes psikiatri, tahap VI tes kesehatan, dan tahap VII wawancara akhir. Pelaksanaan dan pengumuman tiga tes terakhir akan diinformasikan kemudian.
(Tz.A039/R010)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012