Padang (ANTARA) - Sebanyak 1.963 calon haji dari Embarkasi Padang, Sumatera Barat, sudah tiba di Kota Madinah, Arab Saudi, menurut data Kantor Wilayah Kementerian Agama.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Helmi di Kota Padang, Kamis, mengatakan bahwa jamaah haji dari Embarkasi Padang yang sudah tiba di Madinah meliputi lima kelompok terbang (kloter).

"Alhamdulillah semua jamaah berada dalam keadaan sehat," kata Helmi.

"Saat ini jamaah haji sedang melaksanakan ibadah arbain di Madinah," ia menambahkan.

Ia memaparkan, tahun ini ada delapan kloter jamaah yang diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Padang dan lima kloter di antaranya sudah diterbangkan dari Bandara Udara Internasional Minangkabau di Padang Pariaman ke Bandara Pangeran Muhammmad bin Abdul Aziz di Madinah.

Menurut dia, setelah sekitar sembilan hari berada di Kota Madinah jamaah akan diberangkatkan ke Kota Mekkah, tempat pelaksanaan ibadah haji.

Embarkasi Padang pada tahun 2022 menjadi tempat pemberangkatan 2.881 orang yang terdiri atas 2.093 orang calon haji asal Sumatera Barat, 747 calon haji asal Bengkulu, 10 petugas haji daerah, tiga petugas pembimbing haji, dan 28 petugas kloter ke Tanah Suci.

Jamaah asal Bengkulu sebelum keberangkatan tidak diinapkan di Asrama Haji Padang. Mereka diterbangkan langsung menuju ke Bandar Udara Internasional Minangkabau dan transit di bandara sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

"Insya Allah jamaah haji Bengkulu akan tiba hari ini dengan dua penerbangan dari Bengkulu," kata Helmi.

Baca juga:
Jamaah calon haji di Madinah mulai ke Mekkah pada 12 Juni
Jamaah Indonesia akan menempati 29 hotel di Madinah

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022