Madinah (ANTARA) - Jamaah haji dalam kuota tambahan dari Embarkasi Padang, Provinsi Sumatera Barat, tiba di Kota Madinah, Arab Saudi, pada Minggu dini hari.

Sebanyak 392 orang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13 Embarkasi Padang (PDG) tiba di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah) pada Minggu pukul 02.10 waktu Arab Saudi.


Kepala Seksi Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah Kerja Madinah Ali Machzumi bersama tim petugas menyambut kedatangan mereka, mengawal mereka dari bus sampai masuk ke lift hotel.

"Alhamdulillah, senang," kata Rohani, anggota kloter 13 Embarkasi Padang berusia 61 tahun, saat membawa koper menuju ke lift hotel.

Anggota jamaah yang lain, Sukmawati Lesa (61), juga senang bisa kembali ke Tanah Suci. Sukmawati mengaku sudah 17 kali ke Tanah Suci, dua kali untuk berhaji dan 15 kali untuk menunaikan ibadah umrah.

Menurut anggota Tim Kesehatan Haji Kloter PDG 13, dokter Mareza Dwithania, kloter 13 meliputi 388 calon haji dan empat petugas.

Dia menyampaikan bahwa satu anggota kloter 13 Embarkasi Padang ada yang demam sejak dari embarkasi, tetapi kondisinya stabil selama dalam penerbangan.


Jamaah haji dalam kuota tambahan semula diterbangkan dari Tanah Air menuju ke Kota Jeddah.

Namun, penerbangan jamaah dalam kuota haji tambahan kemudian dialihkan ke Madinah sesuai dengan rekomendasi dari Pemerintah Arab Saudi.

Mereka dijadwalkan singgah di Kota Madinah sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Suci Mekkah, yang biasa ditempuh dalam waktu lima sampai enam jam menggunakan bus.


Sebelum kedatangan jamaah dalam kloter 13 Embarkasi Padang, sebanyak 277 orang anggota kloter BPN 21; 190 orang anggota kloter JKG 65; 250 orang anggota kloter BDJ 18; dan 392 orang anggota kloter UPG 34 tiba di Kota Madinah.

"Selain di Gloria Hotel, sebelumnya jamaah haji transit di Front Taiba Hotel," kata Ahmad Baihan, petugas layanan akomodasi Sektor 2 di Kota Madinah.

Baca juga:
Hotel transit jamaah kuota tambahan di Madinah dekat Masjid Nabawi
Jamaah haji Indonesia akan tempati 70 maktab di Arafah

Pewarta: Nur Istibsaroh
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023