disiapkan juga bantuan kostum-kostumnya
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan renovasi Gedung Wayang Orang Bharata di Senen, Jakarta Pusat,  mulai akhir Juli 2022  dan rampung pada akhir 2022.

"Renovasi dimulai akhir Juli atau Agustus, sekitar empat bulan lamanya, mudah-mudahan akhir tahun selesai," kata Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana di Gedung Wayang Orang Bharata, Jakarta, Kamis.
 
Iwan menjelaskan anggaran untuk renovasi gedung kesenian tersebut sebesar Rp7 miliar yang bersumber dari APBD DKI Jakarta tahun 2022.
 
"Disbud dapat mandat pembiayaan sekitar Rp7 miliar untuk gedung. Selain itu disiapkan juga bantuan kostum-kostumnya senilai Rp500 juta untuk pekerja seni," ucap Iwan.
 
Selama melakukan renovasi pada gedung kesenian tersebut, Iwan menjelaskan  akan mencarikan alternatif lokasi lain agar kelompok kesenian bercorak budaya Jawa tersebut bisa tetap melakukan pementasan, termasuk salah satunya adalah Taman Ismail Marzuki (TIM).
 
"Ada beberapa alternatif yang dibahas sebagai pengganti buat mereka tampil dalam pertunjukan. Di manapun kita akan coba cari, salah satunya itu (di TIM)," ucapnya
 
Renovasi dan bantuan kostum tersebut, kata Iwan  merupakan bentuk dukungan pemerintah agar kesenian pertunjukan semakin hidup dan berkembang di Jakarta.
 
Di lokasi yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa pihak Pemprov DKI Jakarta akan memberikan dukungan pada kesenian Wayang Orang Bharata yang konsisten menghidupkan tradisi wayang orang di Jakarta, hingga tahun ini berusia 50 tahun.
 
"Wayang orang ini sebuah tontonan yang di dalamnya ada banyak tuntunan, karenanya penting dijaga dan dikembangkan. Terkait dengan itu kami di Pemprov DKI Jakarta terus mendukung dan ada rencana melakukan renovasi cukup besar sehingga fasilitas ini nantinya bisa sesuai dengan kondisi zaman saat ini," ucapnya.

Gedung kesenian tersebut, lanjut Anies akan ditingkatkan fasilitasnya dengan harapan nantinya pengunjung mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat menonton kesenian tersebut.
 
"Ini berbarengan dengan 50 tahun wayang orang Bharata tanggal 5 Juli 2022 yang akan datang. Setelah itu selesai nanti kita akan mulai renovasinya," kata dia.
Baca juga: Anies alokasi Rp7 miliar renovasi gedung Wayang Orang Bharata
Baca juga: Wagub berharap revitalisasi pasar induk tak ganggu aktivitas jual-beli
Baca juga: Renovasi rumah pada program "Jumat Berfaedah" diresmikan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022