Banda Aceh (ANTARA) - TNI dari Kodim 0103/Aceh Utara membangun jalan baru sepanjang 3,7 kilometer melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke 113/2022.

Komandan Kodim 0103/Aceh Utara, Letnan Kolonel ARM Oke Kistiyanto, di Aceh Utara, Jumat, mengatakan, jalan itu menghubungkan Desa Blang Mane ke Desa Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: TMMD buka jalan baru sepanjang 2.000 meter di Nagan Raya Aceh

"Pembangunan jalan baru tersebut melibatkan seratusan prajurit TNI dari sejumlah satuan serta komponen masyarakat dengan pelaksanaan kegiatan selama sebulan," kata dia.

Selain membangun jalan baru, kata dia, program TMMD ini juga merehabilitasi rumah tidak layak huni, pengobatan massal, donor darah, penyuluhan kepada masyarakat di antaranya seperti wawasan kebangsaan, penyuluhan narkoba, penyuluhan pertanian, peternakan, serta perkebunan.

Baca juga: Panglima Kodam XVIII/Kasuari tinjau TMMD di Wondama

"Program TMMD Imbangan ke 113 tahun 2022 di wilayah teritorial Kodim 0103 sudah selesai 100 persen, baik sasaran fisik maupun nonfisik," kata dia.

Ia mengatakan TMMD merupakan kegiatan yang dapat menjadi kemanunggalan antara TNI dengan rakyat, khusus masyarakat Kabupaten Aceh Utara, semakin lebih erat.

Baca juga: Satgas TMMD ke-113 percepat pembuatan gorong-gorong di Mukomuko

Ia bilang, program TMMD memiliki peran strategis yang dapat membangkitkan kembali nilai-nilai luhur bangsa dengan semangat kebangsaan. "Semoga semangat kemanunggalan TNI dan rakyat dapat terus terjaga dan program TMMD ke 113 Kodim 0103 Aceh Utara dapat bermanfaat untuk masyarakat," kata dia.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022