Bogor (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf sempat mencicipi jambu kristal hasil inovasi penelitian Institut Pertanian Bogor (IPB) pada pameran perguruan tinggi/pendidikan profesi yang berlangsung di Gedung Olahraga Jombang.

"Ini jambu hasil penelitian IPB? Wah...hebat IPB," kata Wagub Jatim yang karib disapa Gus Ipul itu seperti disampaikan Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, M.Si saat menghubugi ANTARA di Bogor, Jabar, Selasa.

Atas pertanyaan Gus Ipul itu, petugas pameran, yakni salah satu mahasiswa IPB anggota Organisasi Mahasiswa Daerah (Omda) Jombang menjelaskan bahwa jambu kristal merupakan hasil inovasi IPB yang kini telah dibudidayakan petani dan telah menembus pangsa ekspor.

Gus Ipul, mantan Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal ini, juga menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan IPB sebagai perguruan tinggi favorit dalam pameran yang dikunjungi sekitar
9.000 siswa SMA/SMK/MA se-Jombang itu.

Ia juga sempat melihat produk-produk inovasi IPB yang ditampilkan dalam pameran tersebut, seperti aneka minuman herbal seperti temulawak, secang, jahe, teh rosella, brownies singkong, sabun aromatik, boneka edukasi pertanian "Horta", dan sebagainya.

Menurut Henny Windarti, pameran yang dilangsungkan selama dua hari itu diikuti oleh 57 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Jawa Bali.

Kegiatan tersebut merupakan wahana yang dibuat oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling SMA/SMK/MA se-Jombang untuk memberikan wawasan dunia pendidikan tinggi serta memacu minat mereka untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Salah satu pengunjung pameran, Kilayani, siswi dari SMAN 1 Jombang menyatakan ketertarikannya untuk menjadi mahasiswa IPB.

"Saya akan memilih jurusan Ilmu Gizi," ucapnya.

Ketertarikan menjadi mahasiswa IPB juga dilontarkan Hanif Lestari, siswa SMAN Ploso.

Ia menyatakan tertarik kuliah di Jurusan Teknologi Industri Pertanian, jika diterima di IPB kelak.
(A035/C004)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012