Kota Bogor (ANTARA) - Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Awards 2023 membagikan sebanyak 15 kategori penghargaan pada penyelenggaraan tahun ketiganya di IPB International Convention Center (IICC), Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu malam.

"Diberikan untuk 15 kategori, yang meliputi 12 kategori hasil seleksi tim juri, dan tiga kategori penunjukan langsung/afirmasi dari Dewan Pimpinan Pusat(DPP) HA IPB," ungkap Ketua Umum DPP HA IPB Walneg S Jas usai acara.

Adapun tiga kategori hasil penunjukan langsung dari DPP IPB yaitu, Kategori Lifetime Achievement Award dengan penerima penghargaan Alm Prof Dr Ir Ahmad Memed Satari. Kemudian, dua lainnya yaitu, Kategori Mitra HA IPB dan Kategori Tokoh HA IPB.

Ia menjelaskan, HA IPB Award memberikan penghargaan individu, kelompok, dan lembaga sebagai bentuk apresiasi atas kontribusinya di bidang agromaritim, hingga memacu alumni IPB agar lebih berinovasi dan berkontribusi pada HA IPB, almamater IPB, maupun bidang agromaritim.

"Kegiatan ini juga dalam rangka memberi apresiasi dan mengenali keberhasilan dari alumni IPB sehingga dapat meningkatkan reputasi baik IPB, alumni IPB, maupun penerima HA IPB Awards," jelasnya.

Menurut dia, HA IPB Awards dilaksanakan sebagai bentuk dukungan dan penghargaan terhadap alumni yang memiliki keunggulan, peran, kontribusi, dan dedikasi pada bidangnya masing-masing.

Ia berharap, sejumlah penghargaan ini dapat menginspirasi para alumni IPB agar terus berkarya untuk kemajuan bangsa.

Sementara, Sekjen DPP HA IPB Sukma Kamajaya menjelaskan rangkaian kegiatan HA IPB Awards 2023 telah dilaksanakan sejak bulan Juli 2023.

"Sosialisasi kegiatan ini telah dilaksanakan sejak bulan September kepada seluruh Dewan Pengurus Daerah, Dewan Pengurus Cabang, Dewan Pengurus Komisariat, Badan Otonom HA IPB dan komunitas alumni IPB," tuturnya.

Ketua Panitia HA IPB Award Endang Sri Rahayu menjelaskan panitia menerima usulan calon nominasi seluruh organisasi dan Komunitas Alumni IPB dengan total usulan calon nominasi yang diterima sebanyak 228 orang. Selanjutnya, penilaian dilakukan oleh tim juri yang diketuai oleh Naufal Mahfudz.

"Kegiatan ini juga dirangkai (pada siang dan sore) dengan acara Wisuda Mentoring Leader dengan perserta wisuda dari lulusan muda alumni IPB sebanyak 185 orang, Wisuda Diaspora Mentoring dengan peserta wisuda 20 orang dan pengumuman pemenang Future Agile Leadership Program (FALP)," kata Endang.
Baca juga: HA IPB undang para capres Pemilu 2024 dialog agromaritim
Baca juga: HA IPB resmi luncurkan buku putih untuk agromaritim Indonesia
Baca juga: HA IPB rumuskan sembilan program strategis untuk Indonesia Emas 2045

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024