Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) menanam 565 bibit jambu kristal yang berasal dari bantuan Jasa Raharja, untuk meningkatkan pemerataan penghijauan di daerah itu.

Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, mengatakan hal itu merupakan bagian dari langkah strategis untuk meratakan penghijauan di Jakarta Selatan.

Dia juga menekankan pentingnya pengawasan langsung terhadap proses pengembangan bibit tersebut.

"Bibit bantuan ini nantinya akan didistribusikan kepada para camat guna memastikan penghijauan merata di Jakarta Selatan," ujar Ali. 

Baca juga: Festival Urban Farming jadi upaya Pemprov DKI hijaukan Jakarta

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, Suharini Eliawati, mengungkapkan bantuan ini merupakan bagian dari program Jumat Menanam, yang merupakan inisiatif dari Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, untuk menghijaukan Kota Jakarta.

"Kegiatan ini merupakan langkah konkret sesuai arahan pak Penjabat Gubernur DKI dalam menghijaukan Jakarta dengan tanaman pangan," ujar Eliawati.

Pemilihan pohon jambu kristal, kata Eliawati, tidaklah kebetulan karena pohon ini tumbuh subur di tanah Jakarta dan buahnya kaya akan vitamin, sehingga memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat.

Program ini juga, lanjutnya, menunjukkan komitmen serius dalam meningkatkan ketersediaan ruang hijau di lingkungan perkotaan, sekaligus mendukung program ketahanan pangan yang menjadi fokus utama Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga: Jakarta Timur terus gandeng perusahaan swasta lakukan penghijauan

Dia berharap, langkah tersebut akan mendorong kesadaran lingkungan dan memberikan manfaat nyata bagi kesehatan serta keberlanjutan lingkungan bagi warga Jakarta Selatan.

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023