untuk pengadaan bibit semuanya dari BEM UI
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan (Jaksel) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia menanam seribu bibit pohon di Bumi Pesanggrahan Mas, Kelurahan Petukangan Selatan, Kecamatan Pesanggrahan.
 
Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Edi Sumantri mengatakan kegiatan ini dilakukan serentak di sepuluh kecamatan yang ada di wilayah Jaksel.
 
"Hari ini kami lakukan penanaman serentak di sepuluh kecamatan untuk pengadaan bibit semuanya dari BEM UI," kata Edi dalam keterangan pers, Jumat.
 
Penanaman pohon ini merupakan kolaborasi untuk mendukung upaya adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim yang terjadi.
 
Edi mengapresiasi peran aktif BEM UI dan para alumninya karena telah membantu pemerintah untuk melestarikan pohon serta menjaga keberlanjutan ekosistem yang ramah lingkungan.
 
Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama untuk berperan aktif melestarikan lingkungan sekitar, sehingga program bisa secara masif dilakukan dan berdampak positif dengan cepat.
 
"Penting untuk bersama-sama melakukan penghijauan di Jakarta Selatan," kata Edi.
 
Koordinator Bidang Sosial Lingkungan BEM UI Kevin Wisnumurthi menjelaskan pihaknya memberikan 40 pohon Tabebuya untuk aksi penanaman pohon serentak ini.
 
Sedangkan untuk sumbangan seribu bibit pohon, pihaknya memilih jenis pohon produktif yang bermanfaat untuk masyarakat.
 
"Rinciannya ada 200 bibit pohon sengon, 200 bibit mahoni, 150 bibit jati, 150 bibit durian, 150 jambu, dan 150 bibit pohon sirsak," kata Kevin.
 
Bantuan bibit ini diharapkan bisa dirawat serta dijaga dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Selain itu, kegiatan menanam serentak ini ke depannya akan terus berlanjut dan juga dilakukan oleh lapisan masyarakat yang lain.
 
"Mari sama - sama kita lawan krisis iklim sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih, hijau dan baik untuk kita semua," ungkap Kevin.
 
Sementara itu, sebelum melakukan penanaman wakil wali kota dan jajarannya juga turut memanen anggur dan lele di Akademi Kompos, Pesanggrahan.
Baca juga: Waduk Lebak Bulus kian hijau usai ditanam 110 pohon & tumbuhan semak
Baca juga: Jaga kualitas udara, Heru tanam 200 pohon di TPU Waduk Cipayung
Baca juga: Pemkot Jakarta Selatan pangkas ribuan pohon antisipasi tumbang

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023