Jakarta (ANTARA) - Remaja pecinta lingkungan, Sabrine Olivia mengajak generasi muda ikut berperan aktif dalam melindungi bumi dengan gemar menanam pohon agar lingkungan menjadi lebih terawat.

"Merawat lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik esok, menanam satu pohon saja dapat menyelamatkan jutaan ekosistem alam," kata siswi 10 SMA Mentari Intercultural School Jakarta, Sabrina Olivia di Jakarta,Minggu.

Perempuan yang akrab disapa Brie ini menggambarkan pentingnya tanaman bambu sebagai penolak polusi udara.

Ia mengatakan bahwa bambu dapat mengurangi bahkan menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap (volatile organics compounds/VOCs) dan gas beracun lainnya.

"Dengan aktif menanam bambu maka bisa menghilangkan gas beracun dan VOCs sehingga kualitas hidup menjadi lebih sehat," katanya.

Baca juga: Gemestta lakukan Gerakan Tanam Bambu upaya untuk lestarikan alam

Brie juga mendorong sesama remaja untuk lebih mencintai lingkungan dan berkontribusi dalam menjaga bumi untuk generasi mendatang.

"Peduli lingkungan berarti menyelamatkan kehidupan masa depan kita bersama," kata dia.

Menurut dia, anak-anak muda Indonesia punya potensi untuk menggerakkan perubahan pada masyarakat dan pemerintah agar lebih peduli lingkungan.

"Aksi nyata sejumlah anak muda di sejumlah daerah di Indonesia jadi bukti bahwa masalah lingkungan hidup juga jadi keprihatinan dan kepedulian mereka," kata dia.

Ia tidak hanya mengimbau tapi juga melakukan aksi nyata dengan melakukan penanam bambu agar lingkungan menjadi terawat dan bumi menjadi terlindungi.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup, Anies tanam bambu di bantaran Kali Pesanggrahan

Dirinya bergabung dalam komunitas Gerakan Semesta Kita yang dipimpin oleh Arif Bani Maulana, mereka membawa harapan baru bagi masa depan lingkungan.

Sebelumnya komunitas pecinta lingkungan Gerakan Semesta Kita (Gemestta) melakukan Gerakan Tanam Bambu di bulan Ramadhan 1445 Hijriah sebagai upaya pelestarian alam di kawasan Babakan Raden, Cariu, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

"Penanaman pohon ini salah satu program kami untuk berkontribusi nyata dalam upaya menjaga lingkungan hidup," kata Ketua Komunitas Gerakan Semesta Kita Arif Maulana Nurbani.

Ia mengatakan Gemestta memiliki program-program yang terus akan dilakukan untuk kebaikan bagi bumi.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024