Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyalurkan 200 pohon dari pihak swasta untuk menghijaukan kawasan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara.

"Saya terima kasih sudah membantu pemerintah menanam pohon di lingkungan Rusun (Sederhana Sewa) Nagrak," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dalam kunjungan kerjanya di Rusunawa Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis.

Sebaran jenis 200 pohon yang ditanam antara lain jenis pule, flamboyan dan spathodea.

Penanaman pohon, kata Heru, dilakukan agar kawasan yang ditempati oleh ratusan pengungsi dari eks Kampung Bayam di Tanjung Priok dan eks Rusun Marunda tersebut bertambah sejuk.

Baca juga: Anak warga eks Kampung Bayam nikmati hidup di rusun untuk sementara

Selain itu, Heru berharap bantuan dari pihak swasta itu dapat mengurangi tingkat pencemaran udara yang berasal dari aktivitas industri dan transportasi.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Kota Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengonfirmasi bahwa bantuan pohon-pohon tersebut didapatkan dari PT Astra berjumlah 200 pohon.

"Total 200 pohon yang diterima dari pihak swasta dalam hal ini semua dari PT Astra. Rata-rata tinggi pohon sudah sekitar enam meter," kata Wawan.

Wawan menambahkan, Pemerintah Kota Jakarta Utara selama ini terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk berkolaborasi dalam menghijaukan kawasan.

Baca juga: Legislator minta DKI sediakan lokasi UMKM untuk warga di Rusun Nagrak

Sebagaimana satu bulan lalu, di sisi Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, dilakukan kolaborasi penanaman 112 pohon tecoma stan dan 50 tabebuya dengan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Selasa (19/9).

Jumlah pohon baru yang ditanam di Jakarta Utara saat itu bertambah menjadi 35.148.

Turut hadir dalam kunjungan ini, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda Provinsi DKI Jakarta Afan Adriansyah serta Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara,

Selain itu Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo serta Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023