Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pengprov Pertina) wilayahnya memaksimalkan persiapan atlet binaan agar mampu mendulang medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2024 di mana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Bahkan Edy menyatakan ia berharap kontingen Sumut bisa menjadi juara umum PON 2024, demikian disampaikannya saat menghadiri pelantikan Pengprov Pertina Sumut masa Bakti 2022-2026 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Medan, Jumat.

"Saya ingin ke depan Sumut berada di urutan pertama, juara umum di PON 2024," katanya.

Karena itu, menurut Edy, segala sesuatunya harus dipersiapkan mulai sekarang, termasuk mempersiapkan para atlet tinju yang akan bertarung dan menyumbang emas. Pemprov Sumut akan siap mendukung setiap cabang olahraga untuk bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi.

"Di sini kita tidak bisa sendiri sendiri, kita perlu kolaborasi, kolaborasi yang baik agar tujuan kita itu tercapai, " kata Edy.

Baca juga: Aceh-Sumut deklarasikan pelaksanaan tuan rumah PON 2024
Baca juga: Deklarasi PON Aceh-Sumut, Menpora bicara tolok ukur prestasi-pembinaan


Selain itu, Edy menyampaikan, saat ini Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD) Sumut sedang disusun. Di dalam DBOD tersebut dirancang hal-hal terkait keolahragaan, seperti prestasi dan rekreasi. Penyusunan DBOD sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang disiapkan pemerintah pusat.

"Inilah yang akan kita galakkan," katanya.

Sementara Ketua Umum PP Pertina Komarudin Simanjuntak menyampaikan, Sumut merupakan salah satu daerah dengan jumlah penduduk yang besar. Selama 30 tahun terakhir, Sumut selalu berada di nomor urut tiga atau empat dalam Kejurnas.

Untuk itu, Komarudin mengharapkan Pertina Sumut dapat terus melahirkan atlet-atlet tinju berprestasi seperti Syamsul Anwar. Syamsul Anwar merupakan petinju berprestasi yang pernah dimiliki Sumut di masa lalu dan sudah banyak meraih prestasi baik di tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

"Harapan terbesar kita lahirlah Syamsul Anwar muda, harus lahir Syamsul Anwar muda, itu tak hanya berucap, semua pengurus Pertina harus bersatu padu," katanya.

Adapun pengurus Pertina Sumut yang baru dilantik yakni Ketua umum Sabam Manalu, Bendahara Ganda Simbolon, dan Sekretaris Juhaidel Samosir beserta pengurus lainnya..

Baca juga: Pertina menyayangkan pengurangan jumlah petinju pada SEA Games Hanoi
Baca juga: Indonesia gelar seri kejuaraan tinju dunia di Manado

Pewarta: Juraidi
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022