Kalau bicara lolos Olimpiade Brasil 2016, saya optmistis Indonesia bisa. Yang penting saat ini bagaimana kita sama-sama membangkitkan kembali dunia tinju amatir kita di mata internasional.
Medan (ANTARA News) - Pengurus Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara yakin Indonesia dapat meloloskan petinju ke Olimpiade Brasil 2016 sesuai target yang diusung Ketua Umum Pengurus Besar Pertina yang baru terpilih Reza Ali.

Sekretaris Umum Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara Edi Sibarani, di Medan, Rabu, mengatakan jika melihat potensi petinju amatir yang ada saat ini, ia yakin Indonesia dapat meloloskan petinjunya di Olimpiade Brasil 2016.

Apalagi memang waktu menuju Olimpiade 2016 masih cukup panjang dan persiapan untuk itu tentunya bisa lebih maksimal dilakukan, terutama dalam melakukan pembinaaan terhadap petinju muda dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kalau bicara lolos Olimpiade Brasil 2016, saya optmistis Indonesia bisa. Yang penting saat ini bagaimana kita sama-sama membangkitkan kembali dunia tinju amatir kita di mata internasional," katanya.

Ia mengatakan, selain dapat meloloskan petinju ke Olimpiade Brasil 2016, tugas utama yang harus dijalankan Reza Ali dalam waktu singkat adalah melakukan pembenahan organisasi di Pertina Pusat.

Karena menurut dia kunci utama agar semua program kerja dapat berjalan dengan baik, maka organisasi Pertina terlebih dahulu harus dibenahi kearah yang lebih baik.

Serta menyesuaikan dengan kepentingan internasional, dalam kata lain Pertina harus menyesuaikan program kerjanya mengacu kepada Asosiasi Tinju Amatir Internasional (AIBA).

"Misalnya sistem penilaian yang kita pakai saat ini di Indonesia jauh tertinggal dibandingkan dengan negara lainnya. Demikian juga dengan tinju semi pro juga harus kembangkan demi semakin menarik minat masyarakat," katanya.

Menurut dia Reza Ali diyakini mampu membangkitkan kembali tinju amatir Indonesia mengingat tokoh asal Sulawesi selatan tersebut bukanlah orang baru di dunia pertinjuan Indonesia.

Reza Ali pernah dua periode sebagai ketua Pertina Sulsel, ia juga pernah duduk di Pertina Pusat. Dengan pengalamannya tersebut, ia tentunya sudah tahu mana-mana saja yang harus dibenahi demi membangkitkan kembali tinju amatir Indonesia.

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012