Jakarta (ANTARA) - Peruri melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Politeknik Negeri Bandung (Polban) memberikan kemudahan layanan bagi alumni untuk mendapatkan legalisasi ijazah secara digital.

"Peruri siap bekerja sama dan mendukung program digitalisasi dalam semua sektor, termasuk pendidikan. Sebagai authenticity guarantor produk-produk security printing, Peruri telah meningkatkan kapabilitasnya dengan menyediakan produk dan layanan digital security terbaik," kata Direktur Pengembangan Usaha Peruri Fajar Rizki dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Sebagai perguruan tinggi pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Peruri dalam menerapkan teknologi legalisasi digital ijazah, Polban berharap dapat memberikan kemudahan layanan bagi alumni mendapatkan dokumen tersebut yang terutama dibutuhkan untuk persyaratan program rekrutmen pekerjaan maupun beasiswa studi lanjut.

Jika sebelumnya para alumni yang membutuhkan layanan legalisasi ijazah perlu datang langsung ke kampus, maka dengan legalisasi ijazah secara digital ini akan lebih memudahkan, terutama bagi yang berdomisili jauh dari kampusnya. 

Baca juga: Peruri cetak meterai tempel berbahan baku lokal

Sementara itu Peruri sebagai BUMN Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) telah menerapkan teknologi tinggi untuk menghasilkan produk legalisasi digital ijazah Peruri Tera, yaitu stempel digital yang digenerate oleh seal system yang aman dalam menjamin keaslian dokumen elektronik.

Dalam memberikan layanan ini peran Peruri adalah sebagai pihak ketiga yang menjamin keabsahan dan keaslian ijazah digital.

Direktur Politeknik Negeri Bandung Rachmad Imbang Tritjahjono mengatakan layanan yang diberikan Peruri akan sangat membantu proses legalisasi ijazah.

"Layanan digital yang disediakan Peruri sangat membantu proses legalisasi ijazah menjadi lebih efisien dari segi waktu dan biaya serta meningkatkan efektivitas dalam proses pengelolaan administrasi di kampus kami," kata Rachmad.

Baca juga: Kemendagri gandeng Peruri dorong pemerataan digitalisasi

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022