Mengangkat tema 'segelas beras untuk disabilitas', kami menyentuh mereka dalam kegiatan rutin Perempuan Tani HKTI ini
Gorontalo (ANTARA) - Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Gorontalo dan  kepengurusan tingkat Kabupaten Gorontalo Utara, menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) untuk para penyandang disabilitas di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang.

"Mengangkat tema 'segelas beras untuk disabilitas', kami menyentuh mereka dalam kegiatan rutin Perempuan Tani HKTI ini," kata Ketua Perempuan Tani HKTI Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan di Gorontalo, Sabtu.

Menurutnya, Gerakan Nasional Segelas Beras untuk Disabilitas, diharapkan menjadi upaya Perempuan Tani HKTI dalam mensinergikan program sosial melalui kecukupan pangan bagi masyarakat termasuk disabilitas guna menunjang program pemerintah dalam pemenuhan pangan nasional maupun di daerah.

Baca juga: Bunda Disabilitas Gorontalo Idah Syahidah ajak difabel berprestasi

Penyerahan bantuan tersebut bekerja sama dengan Perempuan Tani HKTI Kabupaten dan pemerintah desa, untuk memudahkan penyaluran.

Mengingat cukup menjadi tantangan tersendiri untuk mengumpulkan disabilitas dalam sebuah kegiatan seremoni seperti penyaluran bantuan.

Namun pihaknya, kata Wisye, juga turun di rumah-rumah para disabilitas yang tidak memungkinkan datang ke titik kumpul.

Seperti di Desa Leboto, penyaluran bantuan dipusatkan di kediaman kepala desa untuk memudahkan pembagian sembako.

Baca juga: BKKBN Gorontalo diminat fokus pada penurunan angka sunting

Kegiatan yang sama diharapkan dilakukan di desa lainnya dengan target para penyandang disabilitas.

"Berapapun jumlah penerima, akan kami siapkan bantuan sembako untuk disalurkan," kata Ketua Perempuan Tani HKTI yang juga Anggota Komisi III DPRD Kabupaten tersebut.

Ketua Perempuan Tani HKTI Kabupaten, Lintje B.K Alam mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai upaya menggiatkan program organisasi perempuan di daerah itu.

Baca juga: Dana BSPS Rp30 miliar disiapkan bantu MBR Gorontalo miliki rumah layak

Pihaknya tidak hanya menggerakkan kaum ibu dalam Perempuan Tani HKTI untuk meningkatkan perannya di sektor pertanian.

"Namun ikut menggalakkan kegiatan sosial kemasyarakatan dengan harapan dapat memotivasi banyak orang untuk ikut saling berbagi kasih dengan yang membutuhkan," imbuhnya.

Baca juga: Pemkab Gorontalo Utara mulai manfaatkan pinjaman PEN bangun IGD RSUD
Ketua Perempuan Tani HKTI Provinsi Gorontalo, Wisye Pangemanan bersama pengurus kabupaten menyalurkan bantuan sembako kepada disabilitas di Desa Leboto, Kecamatan Kwandang, Gorontalo Utara, Sabtu (11/6/2022). (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022