Pesisir Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat, Lampung, menyediakan gerai vaksinasi pada ajang kejuaraan selancar internasional guna meningkatkan cakupan vaksinasi.

"Percepatan vaksinasi terus dilakukan dengan memanfaatkan kesempatan di semua kegiatan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, Tedi Zadmiko, di Pesisir Barat, Ahad.

"Memang di Krui Pro kali ini disediakan vaksin di pameran pembangunan Krui Fair, dan satu lagi di pinggir pantai yang dipakai untuk lomba selancar," katanya.

Pada gerai tersebut telah ditugaskan sebanyak 20 petugas kesehatan yang berjaga 24 jam.

Baca juga: Menparekraf: Lokasi WSL Krui Pro 2022 spot selancar terbaik di dunia

Baca juga: Menparekraf: Mari dukung atlet selancar Indonesia pada Krui Pro


"Kebetulan gerai vaksinasi ini menjadi satu dengan layanan kesehatan untuk para peselancar, jadi ada 10 orang di Krui Fair dan 10 orang di Krui Pro ini dalam tiga kali pergantian yang buka 24 jam untuk membantu kalau ada wisatawan yang membutuhkan pelayanan kesehatan," ucapnya.

Ia mengatakan, untuk jumlah stok vaksin yang tersedia ada sekitar 4.000 dosis.

"Stok tersedia 4.000 dosis, kemarin ada yang sudah vaksinasi kedua juga. Sebab disini percepatan vaksinasi dilakukan di hajatan, acara adat atau kegiatan-kegiatan lain agar masyarakat bisa dapat vaksin semua," katanya.

Dia melanjutkan, telah banyak pula masyarakat yang sadar akan pentingnya vaksinasi, dan perbaikan kondisi persebaran COVID-19 pun telah melandai. Namun, masyarakat diminta untuk terus memperdulikan penerapan protokol kesehatan.

"Sudah baik untuk kesadaran masyarakat ikut vaksinasi, untuk kasus sudah tiga bulan nihil kasus COVID-19 jadi perlu dijaga kondisi ini. Salah satunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan terutama di kegiatan-kegiatan yang ramai seperti di Krui Pro," ujarnya.

Dalam pelaksanaan ajang selancar internasional Krui Pro 2022, selain aspek pariwisata dan ekonomi yang terus digaungkan, dari sisi kesehatan pun diperhatikan dengan adanya pembagian masker bagi pengunjung lokal, wisatawan mancanegara ataupun domestik. Lalu menyediakan gerai vaksinasi dan layanan kesehatan serta beberapa titik untuk membasuh tangan.*

Baca juga: Sandiaga ingin padukan wisata kopi dan pantai di Lampung

Baca juga: Pemkab Pesisir Barat harap Pusat beri perhatian lebih WSL Krui Pro

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022