Saya ingin tempat ini menjadi area silaturahmi rakyat Jawa Barat
Bandung (ANTARA) -
Persib Bandung dan Bobotoh seolah-olah dihukum karena tak boleh bersua di kandang kebanggaan mereka, yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), selama hampir empat tahun.
 
Awalnya, hukuman itu dipicu tewasnya suporter Persija Jakarta yakni Haringga Sirila pada Minggu, 23 September 2018, karena dikeroyok belasan oknum Bobotoh.

Sejak saat itu, Persib Bandung berserta bobotohnya, belum pernah mencicipi lagi atmosfer pertandingan sepak bola di stadion tersebut karena sanksi yang diberikan.
 
Setahun setelah tragedi berdarah tersebut, berbagai isu pun bergulir soal Persib yang akan kembali berlaga di GBLA. Namun ujung-ujungnya, Persib hanya bisa menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, yang notabene merupakan markas klub tetangga, Persikab Bandung.
 
Sepeninggal Persib bersama Bobotoh, Stadion GBLA pun sempat menjadi suram. Pasalnya kondisi stadion yang berada di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung itu, tak terawat.
 
Kabar suramnya GBLA pada tahun 2019 itu pun sempat direspon oleh Pemerintah Kota Bandung. Pihak pemerintah saat itu beralasan kegiatan perawatan menjadi minim akibat anggaran yang terbatas karena tak ada pemasukan dari penggunaan stadion.
 
Tak usai di situ, pertemuan Persib dengan Bobotoh di GBLA pun kian dipersulit karena adanya permasalahan konstruksi.

Sejumlah bangunan tribun di GBLA memang mengalami retak-retak, dan ambles, sehingga penggunaan stadion pun tidak diperkenankan dengan alasan keamanan. Terlebih lagi saat itu Pemkot Bandung belum bisa merenovasi GBLA terkait permasalahan serah terima aset.
 
Lalu, datanglah pandemi COVID-19. Tentunya di masa-masa tersebut, kerumunan adalah suatu hal yang tabu sehingga tidak ada satu pun klub di Indonesia yang bisa bertemu dengan suporternya.

Banyak Bobotoh yang sering berkata sudah rindu menonton Persib di stadion, atau yang sering mereka sebut "nyetadion".

Menjelang Piala Presiden 2022, kabar yang sangat ditunggu-tunggu oleh Bobotoh perlahan muncul. .
 
Awalnya, isu berhembus bahwa laga Piala Presiden 2022 di Bandung bakal digelar di Si Jalak Harupat. Kabar ini pun disambut gembira bobotoh. Namun kabar yang diumumkan ternyata justru lebih menggembirakan setelah Stadion GBLA ditetapkan sebagai arena turnamen pramusim tersebut.
 
Stadion berkapasitas 38 ribu penonton itu akhirnya bisa kembali digunakan untuk laga Persib Bandung menghadapi Bali United pada Grup C Piala Presiden 2022, pada Minggu (12/6).

Baca juga: Polisi izinkan Stadion GBLA digunakan untuk Piala Presiden 2022
Baca juga: Pemkot Bandung hanya perbolehkan GBLA diisi 15.500 penonton


Selanjutnya: Penonton diperbolehkan hadir  tapi dibatasi
 

Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022