Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuwait City berpartisipasi pada pekan pameran dagang dan pariwisata "ASEAN Festival 2022" untuk mempromosikan beragam produk makanan dan rempah serta Indonesia di Kuwait.

Pameran dagang itu diselenggarakan oleh Lulu Hypermarket Kuwait pada 12-18 Juni 2022, demikian menurut keterangan KBRI Kuwait City yang diterima di Jakarta, Senin.

Festival itu juga diikuti oleh perwakilan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) lainnya di Kuwait, yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

"Acara ini merupakan salah satu contoh kerja sama yang saling menguntungkan di bidang perdagangan antara supermarket terbesar di Kuwait dengan para eksportir makanan dan minuman ASEAN," kata Duta Besar RI untuk Kuwait Lena Maryana Mukti, yang menyampaikan sambutan sebagai Ketua Komunitas ASEAN di Kuwait.

"Saya berharap pameran yang berlangsung selama satu pekan ini akan memperbesar akses produk Indonesia di pasar Kuwait," ujar Dubes Lena.

Pada pameran itu, KBRI mengusung tema "Indonesia Spice up Kuwait" dan bekerja sama dengan distributor produk Indonesia di Kuwait Wahat Al Khoir export-import company untuk membawa ragam produk unggulan Indonesia, antara lain berbagai jenis rempah, makanan jadi, bumbu olahan siap pakai, camilan, berbagi jenis permen.

Menurut KBRI Kuwait City, potensi dagang rempah-rempah Indonesia di Kuwait masih terbuka. "Selain produk mentah, saat ini juga belum tersedia restoran Indonesia di pusat kota," kata pihak KBRI.

KBRI melihat peluang pasar rempah itu dengan mempertimbangkan jenis masakan Kuwait yang mirip dengan masakan negara Timur Tengah lainnya dan memiliki cita rasa khas yang berasal dari penggunaan rempah-rempah seperti kayu manis, lada hitam, cengkeh, dan pala. Indonesia dapat menjadi pemasok rempah-rempah tersebut.

"Untuk kopi, mereka (masyarakat Kuwait) sangat menggemari gaya penyajian 'Turkish coffee' semacam kopi tubruk yang menggunakan jenis kopi Arabica dan Robusta," kata KBRI Kuwait City.

Sejak 2021, Pemerintah Indonesia menginisiasi tema "Indonesia Spice Up the World" yang bertujuan untuk memperkuat kegiatan gastrodiplomasi Indonesia di luar negeri dari hulu ke hilir.

Baca juga: WNI pekerja informal terima bantuan bahan pangan dari KBRI Kuwait
Baca juga: Indonesia-Kuwait sepakati transaksi bisnis senilai Rp184,5 miliar
Baca juga: Indonesia tingkatkan jumlah pekerja migran profesional di Kuwait

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022