Jakarta (ANTARA News) - Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif Mari Elka Pangestu, serta Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan menyampaikan apresiasi terhadap pameran fotografi jurnalistik "Kilas Balik 2011" yang diadakan Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara.

Pameran tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Divisi Mandiri Foto Antara di Jakarta, Senin.

"Dari semua foto yang dipamerkan, yang paling berkesan bagi saya adalah foto ikan keramba yang mengapung karena saya sangat peduli dengan masalah lingkungan," kata Mari Elka Pangestu yang memiliki keinginan untuk menggalakkan aksi bersih pantai itu.

"Pariwisata sangat bergantung pada kebersihan, maka dari itu saya ingin mengutamakan kebersihan," kata mantan Menteri Perdagangan itu.

Selain itu, menteri yang mengaku suka fotografi itu juga mengatakan bahwa foto jurnalistik sangatlah berharga.

"Foto adalah rekaman momentum dan tidak bisa diulang. Foto bisa berbicara tanpa kata-kata," kata ekonom lulusan Universitas California, Davis tersebut.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa foto-foto kilas balik dalam pameran malam itu adalah sebuah ekspresi kejujuran.

"Foto-foto itu adalah gambaran kebebasan, itu adalah ekspresi kejujuran, meski begitu kadang-kadang sebuah gambar foto tidak selalu dimaknai sama oleh tiap-tiap orang," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan foto yang menarik baginya adalah seri foto-foto yang menggambarkan satwa-satwa liar seperti orangutan dan harimau yang terluka.

"Foto-foto yang dipamerkan di sini merupakan fakta, mereka jujur dan apa adanya. Tanpa foto, publik belum tentu percaya tentang suatu fakta, tapi kalau ada foto, tentu mereka langsung percaya," kata dia.

"Kilas Balik 2011" merupakan foto-foto pilihan karya pewarta foto Kantor Berita Antara yang dicuplik dari beragam medan peristiwa penting di seluruh tanah air sepanjang tahun 2011, seperti peristiwa politik, ekonomi, seni dan budaya, dan olahraga.

Foto-foto tersebut dipilih dari sebanyak 52.286 foto yang disiarkan Antara sepanjang 2011. (I027/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012