Banda Aceh (ANTARA News) - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, menyatakan bahwa butuh semangat kebersamaan dalam membangun wilayah yang terus berjuang melakukan transformasi dan pembangunan ekonomi pascakonflik dan bencana.

"Semua komponen di Aceh harus kompak dan bersama-sama untuk mewujudkan pembangunan yang lebih baik diberbagai sektor di masa mendatang," kata Irwandi Yusuf dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli Gubernur Aceh, A. Rahman Lubis, di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikannya disela-sela rapat muswawarah pimpinan daerah ormas Kosgoro 1957 Provinsi Aceh dan turut dihadiri Ketua umum Pimpinan Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro, Agung Laksono, Ketua DPD Partai Golkar Aceh, Sulaiman Abda, dan ketua PDK Kosgoro Aceh, Muhyan Yunan.

Menurut dia, dengan semangat kebersamaan yang dimiliki semua komponen yang ada di Aceh akan mampu mewujudkan berbagai program yang dicanangkan pemerintah dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Perjuangan untuk membangun Aceh ini sangat panjang, sehingga butuh kebersamaan dan kekompakan untuk mewujudkan berbagai pembangunan," katanya.

Pemerintah Aceh terus berupaya untuk menekan angka kemiskinan di provinsi paling ujung barat Indonesia itu melalui berbagai program ekonomi rakyat.

"Pemerintah Aceh pada 2012 mengalokasikan sekitar 34 persen dari usulan APBA sebesar Rp8,6 triliun untuk program permberdayaan masyarakat," katanya.

Menurut dia, adanya pengalokasian anggaran yang cukup diberikan pemerintah akan mampu menekan angka kemiskinan di provinsi paling ujung barat Indonesia itu.

"Kami terus berupaya agar tingkat kemiskinan di Aceh rata-rata turun sekitar dua persen setiap tahunnya sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat akan terus meningkat," katanya.

Pihaknya berharap, ormas Kosgoro di Aceh dapat mendorong mewujudkan program kesejahteraan masyarakat tersebut dapat menjadi kerja nyata yang dilakukan pemerintah provinsi di masa mendatang.
(T.KR-IFL*BDA1)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012